Ristekdikti

Kemenristek Dikti Ajak “Menyapa Negeriku” Dalam Website Resminya

Selasa, 10 November 2015 | 10:04 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Irwan AR - Go Cakrawala

Halaman 1

 

Makassar,GoSulsel.com – Kementerian Pendidikan dan Riset Teknologi (Kemenristek) mengajak anak-anak muda berkeliling bertualang ke pelosok negeri di Indonesia sambil melihat perkembangan dunia pendidikan melalui program “Menyapa Negeriku”

pt-vale-indonesia

Dalam website resmi dikti.go.id Kemeristekdikti menjadwalkan program ini berjalan selama sepekan atau enam hari (disesuaikan dengan jadwal penerbangan dan lokasi).

Peserta kegiatan akan melihat langsung potret pendidikan Indonesia melalui petualangan seru dan mengasyikkan. Tidak hanya itu, peserta juga akan diajak berpartisipasi untuk berbagi inspirasi di wilayah yang dikunjungi, bisa dengan berbagi cerita maupun menularkan berbagai keahlian kepada masyarakat dan pelajar setempat.

Peserta tidak akan sendiri, mereka akan didampingi alumni Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T), yang selama setahun telah mengabdi sebagai guru di pelosok negeri.

Halaman 2

Daerah tujuan yang akan menjadi lokasi kegiatan yaitu, Kabupaten Simelueu (Aceh), Kabupaten Aceh Timur (Aceh), Kabupaten Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau), Kabupaten Berau, (Kalimantan Timur), Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sulawesi Utara), Kabupaten Ende (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Sumba Timur (NTT), Kabupaten Raja Ampat (Papua Barat), Kabupaten Sorong (Papua Barat), Kabupaten Teluk Bintuni (Papua Barat), Kabupaten Jayawijaya (Papua).

Adapun persyaratan, antara lain.1. Warga Negara Indonesia (WNI), 2. Terbuka untuk semua kalangan dan profesi, 3. Pendaftar kategori Umum: pria/wanita berusia 18-27 tahun, 4. Pendaftar kategori profesional: pria/wanita berusia 18-35 tahun, 5. Sehat jasmani dan rohani, serta bisa tinggal beberapa hari di pedalaman, 6. Bersedia mendokumentasikan pengalaman perjalanan selama program Menyapa Negeriku untuk dibukukan dan berbagi di sosial media yang dimiliki.

Halaman 3

Semua peserta akan mendapatkan fasilitas dari Kemendikti seperti biaya perjalanan, uang saku selama menjalanki program, mendapat penginapan dan akomodasi. sementara  tulisan terpilih milik peserta akan masuk dalam buku Menyapa Negeri. Peserta juga mendapat seragam, asuransi dan sertifikat.

Peminat bisa mengunduh formulir pendaftaran berikut serta mengirim ke email [email protected]. Formulirnya sendiri diterima paling lambat 20 November 2015 mendatang.

Nama peserta yang lulus seleksi akan diumumkan 21 November 2015 pada website ristekdikti.go.id dan media sosial @dikti. Peserta terpilih akan diundang mengikuti workshop pembekalan pada 29-30 November. Sedangkan pelaksanaan Program Menyapa Negeriku pada 5-10 Desember 2015.

Untuk informasi lebih lengkap dan mengunduh bisa mengklik http://dikti.go.id/blog/2015/11/05/menyapanegeriku/


BACA JUGA