Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Sidrap Berstatus KLB Flu Burung, Peternak Rugi Rp1,1 M

Jumat, 01 April 2016 | 17:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

“Kita keterbatasan vaksin AI untuk ayam, makanya kami meminta ke pusat 2 juta dos vaksin dan secapatnya dalam minggu ini sudah tiba. Selain itu, peternak enggang melakukan dekopulasi (pemusnahan dengan dibakar) unggas yang masih hidup karena tak ada ganti rugi,” ucapnya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas PKH Sulsel, Syamsul Bahri menambahkan, virus flu burung ini mengancam sentra produksi ayam dan telur di Sidrap yang mencapai 5 juta ekor. Sekarang dengan harga Rp50.000 perekor, peternak sudah merugi sekitar Rp1,1 milliar.

Bahkan untuk mencegah lalu lintas unggas, Gubernur Sulsel telah mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap virus flu burung ini. Kendati demikian,sejauh ini penularan penyakit ini belum ditemui pada manusia.

“Surat edaran gubernur ini untuk seluruh kabupatan/kota untuk meningkatkan kewaspadaan di musim peralihan yang memungkinkan penyebaran penyakit ternak. Karena itu perlu koordinasi dengan dinas terkait termasuk dengan dinkes untuk mencegah kontak dengan manusia, utamanya anak-anak,” tambahnya. (*)

Halaman: