Kembangkan Kakao di Sulsel, Kementan Siapkan Rp 200 M

Selasa, 05 April 2016 | 12:32 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Kementerian Pertanian (Kementan) RI menyiapkan anggaran sebesar Rp 200 Miliar. Anggaran itu untuk meningkatkan produksi kakao di Sulsel.

“Anggaran itu disiapkan setiap tahun untuk peningkatan kakao antara 10 hingga 15 % di Sulsel,” kata Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar,Dwi Pratomo Sudjatmiko, ketika ditemui usai penandatanganan kerjasama, di Hotel Swiss Belinn, Makassar, Selasa (5/4/2016).

Dwi mengungkapkan, Indonesia merupakan peringkat ketiga dalam distribusi kakao berada dibawah dua negara yaitu Pantai Gading dan Ghana. Kita produksi kakao itu sekitar 700 ton pertahunnya” Kata Dwi

“Sumbangsi Sulsel terhadap produksi kakao ini sebesar 10 % untuk skala nasional. Daerah memang termasuk lumbung kakao, Secara Sulsel di nasional bersama, sulteng, sulbar dan sultra kira-kira ada 50 % dan dari sulsel 10 %,” ujarnya.

Kata dia, untuk ekspor kakao sendiri Indonesia merupakan negara ekspor ketiga terbesar dibawah Pantai Gading dan Ghana, dengan jumlah ekspor Indonesia ini mencapai 1 Milar.

Halaman:

BACA JUGA