(Foto: SYL bertemu Menteri Menpan-RB, Yuddy Chrisnandi di Makassar,12 April 2016/Mirsan/GoSulsel.com)

SYL Menyindir, Menpan-RB Beri Contoh

Selasa, 12 April 2016 | 19:45 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Perseteruan yang selama ini terjadi antara Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Yuddy Chrisnandi, akhirnya mencair. Selama ini, melalui kebijakan dan peringkat kinerja akuntabilitas, keduanya beda pendapat.

Terlebih dengan peringkat ke-22 untuk Sulsel dalam hal kinerja akuntabilitas beberapa waktu lalu, sempat membuat SYL berang dan mempertanyakan hal tersebut. Dalam Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Inovasi Pelayanan Publik (Sikap), di Kantor Gubernur, Selasa (12/4), Yuddy akhirnya angkat bicara.

“Tidak bisa satu prestasi dicapai tanpa ada sinergitas dan koordinasi dengan instansi lainnya. Sehingga tidakoverlap dengan program lainnya. Selama ini, masing-masing fokus pada program masing-masing. Termasuk antar provinsi dan kabupaten/kota,” kata Yuddy.

Yuddy memberikan contoh seperti yang dilakukan Kota Bandung dibawah kepemimpinan Ridwan Kamil yang berhasil meningkatkan kinerja akuntabilitasnya dalam waktu delapan bulan. Meski awalnya, terdapat egosektoral dari dinas masing-masing, semuanya bisa diperbaiki dengan melakukan koordinasi.

Saat ini dengan pengalaman Syahrul sebagai pamong senior, menurut Yuddy, 80 persen upaya perbaikan sudah ditangan Sulsel. Melalui instruksi gubernur dengan keinginan untuk memperbaiki, tinggal SKPD melakukan koordinasi, sinergitas dan peningktan kinerja.

Halaman:

BACA JUGA