(Foto: Gugusan karst di kabupaten Maros/20 April 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Menyusuri Bentangan Karst yang Menakjubkan di Maros

Rabu, 20 April 2016 | 14:39 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Sulawesi memiliki bentang alam dengan panorama yang begitu mempesona. Selain di Toraja dan Bulukumba yang lebih dulu dikagumi banyak orang, di Maros juga ada gugusan karst yang tak kalah indahnya.

Karst Maros dianggap sebagai salah satu gugusan karst terbesar dan terindah kedua di dunia setelah karst yang ada di Cina. Oleh karenanya, anda patut berbangga diri bila telah pernah berkunjung ke tempat ini. Karst Maros terbentang dari kabupaten Maros di selatan hingga kabupaten Pangkep di utara dengan luas sekitar 40 ribu hektar.

pt-vale-indonesia

Karst Maros-Pangkep merupakan bagian dari Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Sebuah surga bagi para traveler yang haus akan petualangan. Saking luasnya, di kawasan ini mungkin masih saja menyimpan begitu banyak keunikan yang belum terjamah.

Sederhananya, gugusan karst ini mudah untuk dijumpai oleh siapa pun. Posisinya yang tak jauh dari jalan poros Trans Sulawesi memudahkan kita untuk melihatnya. Dari kejauhan saja, mata kita sudah dimanjakan dengan deretan karst yang menjulang tinggi layaknya menara-menara pencakar langit.

Ditambah lagi, jika kita bisa melihat lebih dekat. Kita akan dibuat takjub oleh kemegahan karst yang membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi, dengan hamparan sawah hijau yang terbentang di bawahnya melengkapi sempurna petualangan anda.

Foto-foto panorama gugusan karst di Maros:

Halaman:

BACA JUGA