Ini Pengamanan Polda Terhadap 163 Ribu Siswa SMP yang Ikut UN

Minggu, 08 Mei 2016 | 18:34 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Sebanyak 163 ribu lebih siswa kelas 3 SMP/sederajat akan mengikuti Ujian Nasional (UN) di Sulsel, Senin (9/5/2016). Dinas pendidikan (Diklnas) Sulsel bersama Polda Sulselbar memperketat pengamanan soal dan pelaksanaannya, pada 9-13 Mei 2016.

Hal ini untuk mencegah kebocoran seperti pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat yang lalu, dimana terjadi kebocoran soal. Bahkan kunci gudang dibuat dua buah dan masing-masing dipegang oleh Kepolisian dan Diknas.

pt-vale-indonesia

Kabid Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol Frans Barung Mangera, mengatakan, sehari sebelum pelaksanaan UN, soal yang tiba dari Makassar di daerah akan diantar ke rayon masing-masing. Di daerah ditempatkan pengawalan ke sekolah-sekolah oleh polisi berpakaian dinas yaitu sabhara dan bhabinkamtibmas.

“Setiap sekolah SMP akan dijaga satu polisi, di mana Makassar yang terbanyak dan yang paling sedikit adalah Enrekang. Intinya, pengamanan akan lebih banyak karena jumlah SMP lebih banyak dari pada SMA,” jelas Barung.

Sebelumnya,Ketua Panitia UN Salam Soba menjelaskan 3008 dos naskah UN telah selesai didistribusikan ke 24 kabupaten/kota. Dia mengaku pihaknya tak mau kecolongan lagi seperti insiden yang terjadi saat distribusi UN tingkat SMA berlangsung dimana ada salah satu kepala sekolah membocorkan lembar jawaban ke siswa.

Halaman:

BACA JUGA