Hewan

Sulsel Suplai 15 Ekor Sapi ke 14 Provinsi di Indonesia

Kamis, 18 Agustus 2016 | 15:15 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Hewan qurban menjadi salah satu komoditi yang saat ini menjadi incaran masyarakat, terlebih perayaan Idul Adha 1437 Hijriah tinggal menghitung hari. Hanya saja konsumen diminta berhati-hati memilih sapi atau kambing.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak) Sulsel, Abdul Azis menghimbau masyarakat untuk melaporkan hewan ternak yang akan diqurbankan ke pihaknya. Ini untuk pemeriksaan kelayakan hewan tersebut.

pt-vale-indonesia

“Untuk sapi qurban untuk konsumsi kami harapkan melaporkan ternaknya kepada petugas lapangan melalui disnak kabupaten/kota. Ini untuk pemeriksaan aman, sehat, mutu dan halal (ASUH),” kata Azis, kemarin.

Terkait lalu lintas perdagangan hewan ternak, terutama sapi, disnak Sulsel telah mengeluarkan surat edaran ke kabupaten/kota. Intinya meminta setiap sapi yang akan dikirim ke luar daerah agar dilakukan pemeriksaan dan dilengkapi persuratannya.

Tahun ini, untuk keperluan qurban disnak Sulsel menyiapkan 45 ribu ekor sapi dan 3 ribu kambing. “15 ribu diantaranya akan kita kirim ke 14 provinsi lainnya, seperti Kalimantan dan Indonesia Timur,” jelasnya.

Halaman:

BACA JUGA