(FOTO: Sapi Qurban di Jalan Tun Abdul Razak Gowa/Rabu, 7 September 2016/Muhammad Nataz/GoSulsel.com)

Dinas Peternakan Makassar Pasang Label Biru pada Hewan Qurban Layak Konsumsi

Rabu, 07 September 2016 | 19:33 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Risal Akbar - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Jelang hari raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, pemerintah kota Makassar menjamin kesehatan hewan qurban yang masuk ke kota Makassar.

Kepala dinas peternakan pemerintah Kota Makassar, Abdurrahman Bando menjelaskan tahun ini pihaknya telah menerjunkan sejumlah tim pengawas dan pemeriksaan kesehatan hewan sejak 5 September lalu.

pt-vale-indonesia

Tim tersebut dipimpin oleh empat orang dokter hewan yang langsung melakukan pemeriksaan terhadap hewan ternak besar maupun hewan ternak kecil.

“Sudah ada empat orang dokter yang kami turunkan, dan telah bekerja hingga H+3 mendatang,” kata Abdurrahman saat ditemui GoSulsel.com, Rabu (7/9/2016).

Meski begitu, ia mengatakan, jumlah tersebut masih sangat kurang jika dibandingkan dengan luasnya areal kawasan Makasar yang dilayani.

Untuk itu, tim dari dinas kesehatan kota Makassar telah menjalin kerjasama dengan Universitas Hasanuddin untuk turut ikut dalam melakukan pengawasan.

“Hasilnya, ada 160 relawan, ditambah relawan dari persatuan dokter hewan sebanyak 40 orang dan 50 orang dari dinas kesehatan,” katanya.

Menurutnya, hewan yang telah diperiksa akan diberikan label berwarna biru berupa surat tanda kesehatan hewan.

Halaman:

BACA JUGA