(FOTO: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan menggelar vaksinasi gratis hewan, yang serentak dilakukan di 24 Kabupaten/kota. Kegiatan ini berlangsung selama 28-29 September 2016/Iin Nurhafraeni/GoSulsel.com)

Hindari Potensi Rabies, Dinas Peternakan Sulsel Adakan Vaksin Gratis

Rabu, 28 September 2016 | 21:46 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar vaksinasi gratis hewan serentak dilakukan di 24 Kabupaten/kota. Kegiatan ini berlangsung selama 28-29 September.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Abdul Azis, menyatakan kegiatan vaksinasi dilaksanakan selain sebagai bentuk partisipasi dalam peringatan Hari Rabies sedunia, juga untuk menekan kematian disebabkan wadah rabies.

“Masalah rabies ini cukup memprihatinkan. Di Asia saja kematian akibat gigitan anjing atau kucing mencapai 50 ribu,” kata Abdul Azis, Rabu (28/9/2016).

Ia menyebutkan di Sulsel angka kematian akibat virus rabies mencapai 200 kasus. Walaupun terjadi penurunan dibandingkan tahun lalu, namun pihaknya akan terus berupaya menekan ini.

“Penyakit ini sangat mematikan, makanya harus ditangani dengan baik.Kalau tidak ditangani maka bisa berbahaya makanya kami menggelar kegiatan ini selama dua hari,” paparnya.

Untuk itu, Azis menghimbau pada masyarakat untuk datang dan memeriksakan hewan sekaligus memberi vaksin yang berpotensi tertular virus rabies.(*)


BACA JUGA