Cegah Pungli Menpan-RB Minta E-Goverment Segera Diaplikasikan

Senin, 17 Oktober 2016 | 13:40 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur meminta setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menghindari pungutan liar (pungli).

Hal ini diungkapkan saat memberikan ceramah umum di Seminar Rancangan Proyek Perubahan (RPP) Diklatpim II angkatan 1 di Kantor Badan Diklat Sulsel, Jl AP Pettarani, Senin (17/10/2016).

Asman menekankan penggunaan informasi dan teknologi modern dalam hal dalam pelayanan publik ke masyarakat. Bahkan dirinya memberi batasan ke setiap kabupaten/kota untuk segera menerapkan E-Goverment sampai tahun depan.

“ASN tidak boleh main-main dengan layanan publik, kita harus permudah semua. Tak boleh lagi menggunakan sistem konvensional, semua tampilan, pelaksanaan dan sistemnya harus menggunakan IT, ini sudah menjadi keharusan. Apalagi pengurusan harus ketemu dengan kepala dinas atau intansinya, ini sudah bukan zamannya” kata Asman.

Menteri asal PAN ini juga meminta ASN tak terpengaruh dengan kondisi politik yang ada di daerah dan terkotak-kotakkan antara ASN lingkup kementerian, provinsi hingga kabupaten/kota. Pasalnya, ASN tujuannya hanya untuk mengabdi ke bangsa, negara dan masyarakat.

Halaman:

BACA JUGA