Tak Ada Biaya, Pasien Tumor Ganas di RSUD Sinjai Terpaksa Pulang

Rabu, 08 Februari 2017 | 15:34 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Eky Hendrawan - Go Cakrawala

Sinjai, GoSulsel.com – Seorang warga Dusun Bontomanai, Desa Barambang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, terpaksa pulang paksa dari RSUD Sinjai, setelah hanya mendapatkan perawatan selama 7 jam pada akibat tidak sanggup membayar biaya pengobatan akibat sakit yang dideritanya, Rabu (8/2/2017).

Hal ini terungkap, saat kerabat korban yang akan menguruskan rekomendasi pembuatan kartu KIS di kantor Dinas Sosial Sinjai, namun ditolak oleh pihak Dinsos lantaran rekomendasi sudah tidak dikeluarkan lagi.

pt-vale-indonesia

Hase (52), yang merupakan istri dari Rajab ini dirujuk ke RSUD Sinjai, sebelumnya mendapat perawatan dari Puskesmas Bijinangka, Sinjai borong, dia dikabarkan menderita tumor ganas.

“Jadi pihak keluarga terpaksa membawa pulang karena tidak ada biaya, waktu masuk kita ada jaminan sebesar Rp700 ribu dengan harapan bisa diuruskan kartu KIS, namun teryata pihak Dinas Sosial Sinjai tidak mengeluarkan lagi rekomendasi sebagai satu syarat pembuatan kartu,” ujar Syarif kerabat Haje.

Sementara itu, Kepala Bidang kesejahteraan dan Bantuan Sosial Disosnaker Sinjai, Ilhamuddin, mengatakan dirinya tidak bisa berbuat apa-apa saat ini.

“Pembuatan rekomendasi itu sudah tidak berlaku sejak 1 januari 2017, jadi sudah tidak ada jalan lagi dipihak kami saat ini, Pemkab sudah menyurati setiap Kepala Desa untuk memasukkan data-data bagi warganya yang tergolong tidak mampu untuk pengurusan kartu KIS, namun sampai sekarang baru sebagian yang selesai,” jelasnya.(*)


BACA JUGA