#

Gowa jadi Kabupaten Layak Anak, Ini Penjelasan Bupati

Rabu, 15 Maret 2017 | 13:01 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Gowa,GoSulsel.com – Gowa dikukuhkan jadi kabupaten layak anak. Ini membuktikan bahwa daerah berjuluk Gowa Bersejarah ini punya komitmen kuat memenuhi hak anak di wilayah itu.

“Gowa layak anak bertujuan meningkatkan perlindungan anak, seperti, akses, partisipasi, manfaaf maupun kontrol dalam proses pembangunan termasuk kelompok disabilitas dan kelompok rentan lainnya. Komitemen ini sekaligus merespon kebijakan nasional,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam Musrenbang anak, di kantor Pemkab Gowa, Rabu (12/3/2017).

pt-vale-indonesia

Bupati termuda di KTI ini mengatakan, kebijakan ini untuk perhatian terhadap kebutuhan anak telah dituangkan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gowa 2016-2021.

Bupati juga menekankan peran anak sebagai agen perubahan sangat strategis. ” Anak selayaknya diberikan ruang mengapresiasi hak dan mengungkapkan pendapatnya. Musrenbang ini tempat bagi anak-anak untuk mengungkapkan pendapat agar rencana pembangunan di daerah berpihak pada anak. Kita harus memastikan setiap anak mengakui dan memastikan anak punya kemampuan mrnyampaikan pendapat dan diberikan kesempatan untuk mengekpresikan pandangan secara bebas,”  urai mantan anggota DPRD Provinsi Sulsel.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kasi Perlindungan Anak pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak Prov.Sulsel,  Andi Suhena, perwakilan siswa-siwa Gowa juga pemerhati anak.

Adnan juga berpesan agar dukungan orangtua dan pemerintah menjadi kolaborasi mendukung keberhasilan anak.

“Keberhasilan anak tidak lepas dari dukungan orang tua dan pemerintah. kita harus bekerjasama dalam menjaga dan membina anak – anak kita, karena tantangan sekarang lebih berat, karena selain faktor lingkungan, dunia maya pun lebih memiliki resiko yang tinggi dalam menjurumuskan anak anak ke hal yang negatif. Jadi marilah kita bersama – sama menjaga anak – anak kita, karena mereka adalah penerus bangsa dimasa yang akan datang, ” harap Bupati yang sekaligus ayah dari dua anak.

Diharapkan Musrenbang Anak pertama kalinya digelar ini mampu mengembangkan talenta dan keterampilan dalam berbagai aspek, dan momen bisa pergunakan sebaik- baiknya untuk memberikan usulan terhadap peogram – program perencanaan pembangunan Kabupaten Gowa  ke depan.

Kepala Bappeda,Taufik Mursad terkait penyelenggaraan Musrenbang Anak.”  Pemenuhan hak anak wajib untuk kita  dengar. Aspirasi anak-anak ini akan dituangkan dalam program pembangunan daerah. Lebih lanjut Musrenbang ini menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan daerah kabupaten dengan suara dan aspirasi anak di Kabupaten Gowa secara proporsional. Sekaligus mengklarifikasi usulan program, mempertajam indikator, serta menyepakati prioritas pembangunan daerah yang ramah anak, ” urai Taufiq.(*)


BACA JUGA