#

Uceng Berpeluang di Jalur Independen

Kamis, 06 Juli 2017 | 12:53 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Lembaga survei Epicentrum Politica menilai juru bicara Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Husain Abdullah, memiliki kans besar untuk bertarung di Pilwalkot Makassar tahun 2018 melalui jalur independen.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Epicentrum Politica, Iin Fitriani menyusul pengamatannya terhadap sejumlah bakal calon Wali Kota Makassar yang rencananya akan maju melalui jalur independen. Menurutnya beberapa nilai jual dapat menguntungkan Husain Abdullah.

pt-vale-indonesia

“Pertama, sebagai juru bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Magnet JK bisa membantu mendongkrak pencitraan dan popularitas Husain. JK adalah tokoh nasional sekaligus tokoh sulsel yang punya banyak pengikut. JK tentu mempertimbangkan kemampuan Husain Abdullah ketika menunjuknya sebagai Juru bicara,” kata Iin Fitriani, pada Kamis (6/7/2017).

Kedua, lanjut Iin, Uceng, sapaan Husain Abdullah sebagai mantan wartawan/jurnalis berpengalaman selama bertahun – tahun lamanya memiliki banyak pengalaman mengamati berbagai persoalan di Kota Makassar, seperti persoalan sosial, ekonomi, budaya, politik, dan hukum.

“Ini bisa menjadi modal bagus untuk menata kota Makassar yang memiliki banyak problem multi aspek,” ujarnya.

Pertimbangan ke tiga. Jika Uceng maju sebagai calon independen, dia bisa mengikuti jejak Bupati Gowa, ‘Adnan Puricta Effect’. Menurut Iin, kemenangan Adnan Purita Ichsan yang maju sebagai calon independen pada Pilkada Gowa 2015 lalu bisa terulang di Pilwali Makassar.

“Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh Husain karena kedekatan Gowa – Makassar secara geografis dan geopolitik,” tuturnya.

Ke empat, lanjutnya, belum pernah ada calon Walikota Makassar dari jalur independen memenangkan Pilwali Makassar, sehingga Ini menjadi ujian sekaligus tantangan bagi Husain Abdullah untuk bertarung memperebutkan kursi walikota makassar.

“Kelima, berdasarkan data pencarian google per tanggal 3 juli 2017, Husain Abullah termasuk populer di dunia maya. Dia berada di urutan ketiga terbanyak pencariannya, dengan hasil pencarian 19.200,” paparnya.

Diketahui, dua figur terbanyak sesuai hasil pencarian Google sebelum Uceng, yakni Syamsu Rizal sebanyak 29.700 hasil pencarian dan Danny Pomanto sebanyak 29.400 hasil pencarian.(*)


BACA JUGA