Priska Adnan Ajak Perempuan Deteksi Dini Kanker Payudara

Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Sungguminasa, Gosulsel.com — Tim PKK Kabupaten Gowa memberi perhatian khusus pada tingginya angka kematian perempuan yang disebabkan penyakit kanker payudara.

Hal itu disampaikan Ketua PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan saat memberi sambutan di peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia yang digelar oleh PKK Kabupaten Gowa, Dinas Kesehatan Gowa, dan BPJS Kesehatan dan berlangsung di Puskesmas Somba Opu.

pt-vale-indonesia

“Ayo ibu-ibu, perempuan memiliki resiko besar terkena kanker disebabkan perubahan pola hidup saat ini. Untuk kanker payudara kita dapat memeriksa diri sendiri apakah ada benjolan di payudara. Saat pemeriksaan dan menemukan benjolan segera periksakan diri ke dokter,” ajak Priska di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa, Selasa (10/10).

Selain kanker payudara, perempuan juga rentan dengan kanker mulut rahim, sehingga PKK Kabupaten Gowa sekaligus mengadakan pemerikasaan deteksi dini kanker mulut rahim melalui pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA).

“Tes dengan cara ini memiliki kelebihan karena kesederhanaan teknik dan kemampuan memberikan hasil yang segera kepada pasien. Pemeriksaan IVA disarankan bagi wanita yanh sudah wanita, danbmemiliki keluhan pada alat kontrasepsi,” tambah istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Sementara itu Kadis Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin menjelaskan bahwa pemeriksaan IVA dapat dilaksanakan di Puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Gowa.

 “Puskesmas yang di Gowa menerima pemeriksaan IVA, bahkan yang dulunya cuma 6 puskesmas sekarang sudah dikembangkan menjadi 24 puskesmas,” jelasnya.

Bersamaan dengan peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia juga dilakukan penerimaan tim penilai puskesmas peduli kesehatan olahraga tingkat Prov Sulsel. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kawaidah Alham dan Camat Somba Opu, Zubair Usman (*)


BACA JUGA