Bupati Barru, Suardi Saleh. Foto Youtube

Pelantikan Suardi Saleh Tunggu SK Mendagri

Minggu, 15 Oktober 2017 | 16:10 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulseol.com — Pasca mantan Bupati Barru, Andi Idris Syukur ditahan dalam kasus gratifikasi yang dilakukannya. Pemerintahan di Kabupaten Barru secara penuh diambil alih oleh wakilnya yang kini menjabat Pelaksana Tugas Bupati, Suardi Saleh.

Proses pengalihan jabatan, kini masih berproses. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mengusulkan nama Suardi Saleh sebagai bupati defenitf menggantikan posisi Idris Syukur. Terlebih setelah adanya hasil rapat paripurna DPRD Barru, yang mengesahkan Suardi Saleh sebagai Bupati Barru.

pt-vale-indonesia

Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Latif mengatakan pihaknya telah bersurat ke Menteri Dalam Negeri, Thahjo Kumolo untuk pengangkatan Suardi Saleh. Setelah sebelumnya SK pemberhentian Andi Idris Syukur telah diterima pemprov.

“Beberapa waktu lalu surat pemberhentian telah kita terima, karena Pak Idris sudah dinyatakan bersalah dan saya dengar sudah ditahan. Sekarang kita lagi tunggu SK pengangkatan wakilnya jadi bupati,” katanya, kemarin.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sulsel, Hasan Basri Ambarala menambahkan pengusulan SK pengangkatan Suardi Saleh sudah dikirim beberapa hari lalu. Kini tinggal menunggu SK keluar dan dilakukan pelantikan.

Khusus pelantikan, tetap akan dilakukan di Ibukota Provinsi, Makassar. Jika tak ada aral melintang, proses pelantikkan akan dipusatkan di Kantor Gubernur Sulsel mendatang.

“Kalau SK sudah keluar, secepatnya akan dilantik. Kalau wakilnya masih kosong, masih menunggu proses di DPRD Barru melalui Bamus kemudian berproses seperti pengusulan Bupati,” tambahnya. (*)


BACA JUGA