Gowa Urutan ke 7 Penuntasan Kemiskinan di Sulsel

Kamis, 21 Desember 2017 | 20:22 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,GoSulsel.com – Dirjen Perimbangan Keuangan, Boediarso Teguh Widodo mengatakan, Pemkab Gowa meraih prestasi membanggakan karena, berhasil meraih urutan ke-7 sebagai daerah tercepat menuntaskan kemiskinan se-Sulsel. 

Yakni 8,4 persen penduduk miskin. Ini bahkan lebih baik dari peringkat nasional yg berada diatas 10 persen. Hal itu terungkap, saat Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dengan menggelar Diseminasi Dana Desa bertema “Optimalisasi Dana Desa Dalam Mendukung Pemberdayaan Mastarakat dan Perekonomian Desa”. 

Boediarso juga mengatakan, Negara hadir disemua lini untuk memberikan pelayanan, tentunya pelayanan yang sesuai prioritas masyarakat.

“Seluruh Kepala Desa diwajibkan mengelola dana desa dengan transparan serta memberikan layanan terbaik, selain itu kesuksesan Kepala Desa juga dapat diukur dari penyediaan lapangan kerja bagi masyarakatnya,” kata Dia.

Berdasarkan data, Anggaran Dana Desa yang bersumber dari Pemerintah Pusat pada tahun 2017 sebesar Rp 100.250.000.000,- meningkat pada tahun 2018 menjadi Rp 124.634.770.000,- yang harus mampu dikelola dengan baik oleh para kepala desa sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kesejahteraan masyarakat.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam sambutannya mengatakan pemilihan Kabupaten Gowa dalam menggelar kegiatan Diseminasi Dana Desa ini sangat tepat. Mengingat Kabupaten Gowa merupakan satu-satunya Kabupaten yang menerapkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). 

Bupati mengaku mengundang khusus Dirjen Pengimbangan keuangan untuk hadir di Kabupaten Gowa. Kita beberkan beberapa alasan-alasannya.

“Salah satunya kita beberkan bahwa Gowa merupakan Desa pertama yang terapkan Siskeudes,” tambahnya. 

Sebanyak 121 Desa se- Kabupaten Gowa telah menerapkan Siskeudes sejak 2015 lalu. Selain itu Gowa juga telah Enam kali berturut-turut meraih Opini WTP di Provinsi Sulawesi Selatan. 

“Kami bangga Diseminasi ini digelar di Kabupaten Gowa, Sejak 2015 lalu Kabupaten Gowa sudah menerapkan Siskeudes pada 121 Desa di 18 Kecamatan. Selain itu Gowa juga selama Enam kali berturut-turut,” kata Bupati Gowa di Baruga Karaeng Galesong. Kamis (21/12/2017).(*) 


BACA JUGA