Begini Persiapan PPIH Embarkasi Makassar Sambut Musim Haji 2018

Jumat, 13 Juli 2018 | 18:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Pelaksanaan tugas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulsel, Iskandar Fellang, mengatakan untuk persiapan pemberangakatan haji Embarkasi Makassar, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan otoritas bandara Sultan Hasanuddin. 

Sebelumnya juga telah melakukan rapat koordinasi dengan 8 provinsi dengan 24 kabupaten/kota dengan kepala dinas kesehatan dan kesra pada tanggal 9-10 Juli lalu. Pelantikan panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) juga telah dilantik oleh Gubernur Sulsel. 

Terkait apel pagi ini yang dihadiri gubernur untuk memastikan kesiapan petugas PPIH. “Kemudian hari ini kita apel siaga Pak Gubernur ingin melihat ingin menyaksikan apakah PPIH itu sudah siap 100% untuk melayani Jamaah,” ucap ketua PPIH Embarkasi Makassar ini.  

Tahun ini embarkasi Makassar akan memberangkatkan 15.898 jamaah ini. Diberangkatkan secara bertahap dalam 35 kloter khusus untuk Sulawesi-Selatan jamaahnya 7.296 jamaah. 

Yang berbeda tahun lalu, tahun ini terdapat perekaman biometrik seluruh jamaah masuk asrama haji akan dilakukan perekaman biometrik ini.

“Untuk mempermudah memotong waktu antrian jamaah nanti di Arab Saudi,” sebutnya. 

Kloter pertama jamaah dari Makassar, masuk besok 16 Juli pukul 17.00 Wita dengan jumlah 455 jamaah dan diterbangkan  tanggal 17 Juli pada pukul 16.50 dengan menggunakan pesawat Garuda.  

“Gelombang (kloter) yang pertama itu langsung ke Madinah, kemudian gelombang kedua nanti itu di Jeddah,” jelasnya. 

Para jamaah juga didampingi oleh lima orang petugas kloter jamaah setiap kloter terdiri dari ketua, pembimbing ibadah, dokter dan dua para medis.(*)

 


BACA JUGA