Satlantas Polres Gowa Kerahkan 156 Personil Amankan Kirab Obor Asian Games 2018

Rabu, 25 Juli 2018 | 19:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa, Gosulsel.com — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gowa siap mengawal kelancaran perjalanan kirab obor Asian Games 2018, Sabtu mendatang (28/07).

Sedikitnya 156 personil akan dikerahkan di jalur jalan yang akan dilewati rombongan kirab obor Asian Games 2018 saat melintas di Kabupaten Gowa.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Gowa, AKP Religia Fara Dikta mengatakan, 156 personil Satlantas itu disebar di 26 titik. Mulai dari Jalan Sultan Hasanuddin atau batas kota Sungguminasa-Makassar hingga perbatasan Gowa-Takalar.

“Ada 26 titik yang kita insert untuk pengamanan obor Asian Games 2018. Personil yang kita siagakan 156 orang,” ujar AKP Religia, Rabu (25/07/2018).

Dalam pengamanan itu, Satlantas Polres Gowa bekerjasama dengan pihak terkait di Pemkab Gowa. Hal-hal yang dianggap berpotensi menghambat perjalanan kirab obor Asian Games 2018 juga sudah dibicarakan.

Salah satunya soal rencana penertiban pedagang kaki lima (PK-5) yang beraktivitas di sepanjang Poros Pallangga-Takalar. Mulai dari Stadion Kalegowa hingga Bontonompo.

“Kami sudah koordinasi dengan Kadispora dan Kasatpol PP untuk melakukan penertiban PK-5 di poros Pallangga-Takalar. Ada empat titik yang nanti ditertibkan. Mulai Kalegowa, Panciro, Limbung, dan Bintolempangan,” bebernya.

Disamping itu, menjelang kedatangan obor (torch relay) Asian Games 2018, Satlantas Polres Gowa juga menggelar operasi cipta kondisi (cipkon) di jalur utama. Salah satunya Jalan Sultan Hasanuddin, Sungguminasa.

Operasi cipta kondisi yang dipimpin KBO Satlantas Polres Gowa, Iptu Dayu Arry itu guna mengantisipasi gangguan kamtibmas di jalan raya.

Dalam operasi tersebut, dilakukan penertiban kepada para pengendara berupa pemeriksaan kelengkapan surat-surat berkendara. Tak hanya itu, KBO Satlantas Polres Gowa juga turun langsung menghimbau para pengendara agar selalu berhati-hati dalam berkendara. 

“Kami mohon dukungan dan kerjasama para pengendara agar tetap tertib berlalu lintas,” pungkas perwira cantik berpangkat tiga balok di pundak.(*)