Kodam XIV Hasanuddin Jadikan Hotel Claro Lokasi Simulasi Pengamanan VVIP dan RI1

Kamis, 06 September 2018 | 16:08 Wita - Editor: Irwan AR - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com– Hotel Claro Makassar terpilih sebagai lokasi simulasi pengamanan VVIP oleh Kodam XIV Hasanuddin. Kegiatan ini sebagai standart pengamanan VVIP dikarenakan intensitas VVIP bahkan RI 1 yang datang ke Makassar khususnya Claro Hotel Makassar, Kamis (6/9).

Simulasi Pengamanan RI01 di Hotel Claro Makassar. Menurut Letda Fandi zipur 8/SMG selaku Koordinator Materi Simulasi Pencegahan RI ini, menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk pencegahan secara sigap, agar setiap masyarakat mempunyai rasa waspada yang tinggi dan sebagai bentuk latihan pencegahan pengamanan untuk Presiden RI.

pt-vale-indonesia

Kegiatan yg dilaksanakan di dua area Hotel Claro ini setelah adanya survei yang dilaksanakan oleh pihak Kodam XIV Hasanuddin beberapa hari yang lalu.

Simulasi ini diadakan oleh Zipur 8/SMG dan langsung di koordinir oleh regu yang terdiri dari 10 orang, regu tersebut terdiri dari 2 petugas body armur, yang bertugas untuk mengamankan bom, 2 petugas police line, yang bertugas mengamankan masyarakat sekitar, 2 petugas pengamanan coordinator materi, komandan tim, dan wakil komandan tim.

“Dalam scenario simulasi dijelaskan bahwa Presiden RI awalnya berencana menginap di hotel Claro Makassar, tepatnya di lt.17. Namun sebelum presiden tiba, ada orang asing melemparkan benda yang diduga adalah bom. Benda yang diduga bom pun diamankan di luar hotel,”Jelas Letda Fandi.

Menurut Letda Fandi, simulasi akan berlanjut sesuai scenario menuju hotel cadangan, The Rinra Makassar.

“Kami sangat bangga kegiatan ini dilaksanakan karena Kegiatan ini menjadi acuan kepada masyarakat bahwa CLARO Hotel Makassar menjadi hotel yang memiliki pengamanan sesuai standart Kodam XIV Hasanuddin,” pungkas Markom Manager Claro Makassar, Ricwan Wahyudi.(*)


BACA JUGA