Warga Onta Baru Gelar Jalan Santai 1 Muharram 1440 H, Deng Ical Harap Nuansa ini Terus Dipertahankan

Selasa, 11 September 2018 | 09:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk memperingati 1 Muharram 1440 H, seperti halnya yang dilakukan oleh warga Onta Baru, dengan menggelar gerak jalan santai dan karnaval Hijratulrasul.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun warga onta baru untuk memperingati tahun baru Islam.

pt-vale-indonesia

Dalam kesempatan ini, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI, hadir dan sekaligus melepas langsung ratusan peserta gerak jalan santai yang didominasi oleh kalangan anak-anak.

Usai melepas gerak jalan santai, pria yang akrab disapa Deng Ical ini langsung masuk ke dalam rombongan untuk mengikuti rute gerak jalan santai tersebut. Selama perjalanan, ratusan anak anak secara bersahut-sahutan melantunkan sholawat nabi, takbir, tahmid dan juga terdengar sesekali menyanyikan lagu sepohon kayu daunnya rimbun milik almarhum Jeffry Al Buchori.

Menurut Deng Ical, apabila semua orang melakukan silaturahim dengan cara seperti ini maka sudah bisa dipastikan bahwa kerukunan antara warga di daerah tersebut berjalan rukun dan nyaman.

Sama halnya dengan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dalam hadistnya berkata Man kana yu’minu billahi wal yaumil akhir fal yakul khoiron aw liyashmut, artinya barang siapa beriman kepada rasulullah pada hari kiamat yang paling baik itu saling mencintai tetangga dan tamunya.

“Hari ini warga onta baru sudah memperlihatkan dan mempraktekkan sesuai dengan ajaran Rasulullah shallallahu’alahi wasallam yang bersabda bahwa kita harus saling mencintai sesama tetangga,” ucapnya.

Dia pun berharap suasana dan nuansa tahun baru Islam ini bisa terus dipertahankan bahkan kalau bisa ditingkatkan.

“Karena modal yang paling utama diantara kita itu adalah modal silaturahim, dan kalau itu kita bisa jaga dengan baik maka insya Allah ini akan menjadi kekutan bagi seluruh masyarakat terkhusus warga Onta Baru,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Masjid Azhar Onta Baru, Ustad Bambang menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Wali Kota Makassar pada acara gerak jalan santai ini.

“Alhamdulillah mulai tahun 1438 H hingga 1440 H, gerak jalan santai kita selalu dihadiri Wakil Wali Kota Makassar, sehingga ini membuktikan perhatian dan kepedulian beliau terhadap masyarakatnya,” kata Bambang, dan disambut tepuk tangan dari ratusan peserta yang hadir.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk merekatkan persatuan dan kesatuan antara warga.

“Makna hijra yang dilakukan oleh Nabi Muhammad adalah untuk memberikan soliditas dan persatuan antara ummat Islam, sehingga kedepannya kita semakin bergairah untuk menyiarkan agam Islam,” jelasnya.(*)


BACA JUGA