Ketua DPC Demokrat Kota Makassar, Adi Rasyid Ali (ARA)

Dikejar Waktu, Kualitas Pembahasan APBD Pokok Makassar Jadi Soal

Minggu, 04 November 2018 | 16:24 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Badan Anggaran DPRD Kota Makassar mulai membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2019. Pembahasan dimulai hari Jumat lalu dilanjutkan dengan pembahasan secara ‘maraton’.

Koordinator Badan Anggaran, Adi Rasyid Ali mengatakan pihaknya telah membahas Kebijakan Umum Anggaran (KUA) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Makassar.

Saat ditanya jadwal pembahasan yang padat ini, ARA,-akronim namanya, mengatakan jika pihaknya optimis bisa menyelesaikan pembahasan tersebut hingga batas akhir pembahasan.

Hanya saja ia mengakui pembahasan yang dikejar waktu tersebut bakal mempengaruhi kualitas pembahasan.

“Saya yakin bisa berjalan efektif, karena kita sudah mulai pembahasan ini. Karena kita sudah melakukan pembahasan APBD Pokok bukan kali ini saja. Pemahaman membaca anggaran itu sudah biasa, artinya kita sudah ada gambaran,” ungkapnya.

Untuk menjaga kualitas penganggaran, ia mengaku bakal mengoptimalkan rasionalisasi anggaran yang tidak penting.

Misalnya, program sosialisasi dan pelatihan yang tidak penting dilakukan. Apalagi, ini merupakan pembahasan anggaran terakhir di periode pemerintahan wali kota dan wakil wali kota yang saat ini menjabat.

“Kita akan mengoptimalkan rasionalisasi anggaran yang tidak penting, terutama anggaran sosialisasi dan pelatihan. Kita juga akan melihat pekerjaan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti pembangunan fisik, jalan lingkungan, drainase. Nanti kita lihat RKA-nya,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA