Komunitas Peduli Gowa menggelar Rapat persiapan Adipura Kebersihan dan persampahan di Kabupaten Gowa di Kantor Camat Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat (14/12/2018)/Junaid/Gosulsel.com

Komunitas Peduli Gowa Rapat Persiapan Adipura

Jumat, 14 Desember 2018 | 21:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Komunitas Peduli Gowa menggelar Rapat persiapan Adipura Kebersihan dan persampahan di Kabupaten Gowa. Kegiatan yang digelar di Kantor Camat Somba Opu tersebut dihadiri sejumlah komunitas dan lembaga yang ada di Kabupaten Gowa, Jumat (14/12/2018).

Mengusung tema “Dengan semangat gotong royong masalah sampah akan teratasi,” tersebut seluruh peserta rapat yang sebagian besar merupakan anak muda dari berbagai komunitas tampak semangat menjadikan Kabupaten Gowa menjadi kabupaten bersih untuk menuju penghargaan Adipura.

pt-vale-indonesia

Kegiatan tersebut mendapat dukungan penuh dari pahak pemerintah kelurahan hingga kabupaten. Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa Marzuki, Camat Somba Opu Indra Wahyudi Yusuf, Koordinator Kota Tampa Kumuh (Kotaku) Nurliah Ruma dan sejumlah lurah se Kecamatan Somba Opu.

Sementara itu, Marzuki sangat mengapresiasi atas inisiatif dan semangat para komunitas yang ada di Kabupaten Gowa untuk menjadikan Gowa menuju Gowa bersih. Menurutnya permasalahan kebersihan bukan tangung jawab pemerintah semata melainkan tanggung jawab semua pihak.

Marzuki juga mengatakan menjadikan Kabupaten Gowa menjadi kabupaten yang bersih nyaman, dengan sendirinya penghargaan Adipura dapat diraih oleh Kabupaten Gowa.

“Ini saya pikir bahwa penanganan sampah ini adalah tanggung jawab kita bersama semua pihak. Karena kalau ini semua bisa terwujud lingkungan kita bersih semua drainase-drainase dapat tertangani, saya pikir Adipura itu dengan sendirinya dapat terwujud,” ujarnya.

“Kita berbangga bahwa komunitas Somba Opu ini antusias dan semangat jiwanya ini begitu besar. Ini perlu diapresiasi. Dinas Lingkungan Hidup sangat mendukung sepenuhnya apa-apa yang dibutuhkan terkait dengan bagaimana penanganan sampah di Kabupaten Gowa ini,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Indra Wahyudi Yusuf. Sebagai Pemerintah Kecamatan Somba Opu ia turut mensupport apa yang dilakukan para pemuda-pemuda Somba Opu untuk menjadikan Gowa menjadi kabupaten yang bersih dan nyaman.

“Selama itu untuk tujuan besama khususnya mewujudkan Somba Opu ini menjadi bersih, pasti kami dukung. Kita tidak hanya fokus untuk Adipura saja tetapi fokus utama adalah Gowa bersih dan nyaman. Kita berharap momentum kebersamaan para pemuda di Somba Opu ini menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menggerakan hatinya turut serta membantu pelaksanaan program ini menciptakan keadaan wilayah Somba Opu yang bersih dan nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Koodinator Kotaku, Nurliah Ruma juga meminta kepada semua komunitas dan lembaga yang hadir dalam rapat tersebut untuk mensosialisasikan di lingkungan masing-masing program pemerintah Kabupaten Gowa menuju Gowa bersih.(*)


BACA JUGA