Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, Tenri A Palallo/HANDOVER

Peduli Kesejahteraan Anak, APSAI Bakal Hadir di Makassar

Selasa, 15 Januari 2019 | 21:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kota Makassar bakal punya Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI). Para anggota APSAI akan dilantik 23 Januari 2019 mendatang oleh Ketua APSAI Pusat, Luhur Budijarso.

APSAI bertujuan untuk memperhatikan kesejahteraan anak-anak Indonesia. Asosiasi ini akan mendampingi, membantu, serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak.

pt-vale-indonesia

APSAI menjadi wadah sinergi dan percepatan upaya perlindungan anak terutama untuk memastikan peran serta sektor swasta di Indonesia.

Sektor swasta memiliki peran strategis untuk menjadi mitra pemerintah, yang bersama anggota masyarakat dan berbagai instansi berbasis komunitas lainnya, bersama-sama membentuk tiga pilar utama penggerak pembangunan berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, mengaku sangat mendukung program tersebut, karena memang Pemerintah Kota Makassar punya program yang sangat care dengan anak, seperti ‘jagai anakta’.

“Kota Layak Anak, bukan menjadi tujuan utama. Tapi anak memang harus jadi perhatian lebih. Anak itu masa depan bangsa,” tegas Danny, Selasa (15/1/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Makassar, Tenri A Palallo mengatakan, asosiasi ini sebagai upaya percepatan kota layak anak untuk mencapai peringkat tertinggi kota layak anak utama.

“Dua tahun berturut-turut kita sudah dapat penghargaan itu, 2017 dan 2018. Sehingga yang kita lakukan sekarang tinggal penguatan gugus tugas kota layak anak,” kata Tenri.

Pada pelantikan tersebut, akan dihadiri Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA RI, Lenny N Rosalin.(*)