Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba

Jumlah Wisatawan Sulsel Menurun, Ini Tanggapan ASITA

Sabtu, 02 Februari 2019 | 23:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui pintu masuk Makassar pada Desember 2018 mencapai 1.406 kunjungan. Angka ini mengalami penurunan sebesar 18,02 persen pada Desember 2017 yang mana kunjungan sebesar 1.715 kunjungan.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba mengatakan bahwa penurunan wisatawan baik domestik maupun mancanegara merupakan hal yang wajar. Sebab, awal tahun merupakan musim liburan yang sepi pengunjung atau biasa disebut low season.

“Memang di bulan Januari hingga Maret itu low season. Di tahun-tahun sebelumnya juga seperti itu,” jelas Didi saat ditemui pada acara Rakerda ASITA Sulsel di Hotel Novotel Makassar, Sabtu (2/2/2019).

Kendati demikian, pihaknya tetap optimis di awal tahun destinasi pariwisata yang ada di Sulsel banyak dikunjungi para wisatawan. 

“Kita tentu tetap optimis. Karena kita yakin pasti ada saja wisatawan yang datang. Apapun yang mereka lakukan, mau dia meeting atau liburan, itu harus dibuka dengan pariwisata. Karena tidak mungkin mereka mau datang ke sini kalau bukan karena destinasi yang kita punya,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya berupaya untuk menggenjot destinasi wisata dan kawasan pariwisata yang ada di Sulsel, agar kondisi yang low season tersebut bisa normal seperti biasanya.

“Makanya dalam Rakerda ASITA yang ke-3 ini kita mencoba membuat paket-paket tour yang bisa menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara agar mau berkunjung ke Sulsel meskipun di awal tahun,” ujarnya.(*)


BACA JUGA