Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Ariaty Puspa Abadi, Senin (25/2/2019)

Stok Blanko Menipis, Disdukcapil Makassar Ikut Program Cetak Cepat KTP

Senin, 25 Februari 2019 | 13:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Ariaty Puspa Abadi mengakui saat ini memang terjadi peningkatan permintaan masyarakat untuk melakukan perekaman e-KTP atau Surat Keterangan (Suket). Di samping layanan Suket yang sudah tersebar di masyarakat sebanyak kurang lebih 17 ribu.

“Ini yang harus cepat kita penuhi. Nah salah satu langkah yang harus kami selesaikan adalah sesuai dengan target dukcapil, percetakan itu sampai dengan akhir februari,” ujar Ariaty, Senin (25/2/2019).

Ariaty menyebut, jumlah Suket yang tersebar di luar masyarakat yang melakukan penggantian KTP yang rusak dan hilang, kebutuhannya lebih besar dari stok Blanko yang ada. Saat ini, kata dia, stok blanko tersisa 4.000.

“Kalau ditotal jumlah suket 2017-2018 yang melakukan perekaman, di tambah ganti dan hilang, itu bisa di angka 25 ribu, sedangkan kita punya stok blanko sekarang makin menipis, sekarang saya cek tinggal 4.000,” jelasnya.

Untuk memenuhi kekurangan stok tersebut, pihaknya mengikuti program nasional cetak cepat KTP yang ditargetkan akan selesai di 28 Februari 2019.

“Itu kita bisa cetak cepat hampir 15 ribu blanko. Otomatis kan yang kita pikirkan yang orang melakukan perekaman di 2019 ditambah ganti karena hilang, rusak dan lain-lain,” jelasnya.

“Di pusat khusus mencetak suket di tahun 2017-2018. Untuk mengurangi beban kita ketersediaan blanko di makassar. Kalau di Jakarta cepat, tidak pakai printer satu-satu. Jadi akhir bulan ini sudah tercetak semua melalui percetakan di pusat,” tukasnya. (*)


BACA JUGA