FOTO: Suasana penandatanganan MoU antara Dekan FKM UPRI,Dr. Arlin Adam, SKM. M. Si dan Kepala BBPK3, Dr. Hj. Aminah AS. M. Kes/Rabu, 7 Agustus 2019/int

FKM UPRI dan BBPK3 Kerjsama Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian

Kamis, 08 Agustus 2019 | 11:19 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Perjuangan Republik Indonesia dan Kesehatan dan keselamatan kerja (BBPK3) menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua bela pihak di Kantor BBPK3, Jalan Abdul Jabar, pada Rabu (7/8/2019) kemarin.

Hadir dalam pertemuan itu, Dekan FKM UPRI, Dr. Arlin Adam, SKM. M. Si dan Kepala BBPK3, Dr. Hj. Aminah AS. M. Kes.

Dalam kesempatan itu Hj Aminah menjelaskan perihal aplikasi KLIKKK ABG milik BBPK3. Dimana aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan akademisi, apkikasi KLIKKK ABG ini akan Launching dalam waktu dekat dan diupayakan diintegrasikan dengan E-Learning.

“E-Learning yaitu salah satu aplikasi yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran secara virtual di FKM UPRI,” kata Hj Aminah.

Dia berharap, kedepan budaya K3 bisa terwujud di perusahaan, pemerintah maupun dimasyarakat. Tidak hanya itu saja, dia juga berharap FKM UPRI dapat membantu mensosialisasikan ke tempat-tempat magang dan praktik lainnya maupun ditempat kerja.

Sementara itu, Arlin Adam menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan inovatif yang dilakukan oleh kedua belah pihak dengan kerjasama lintas sektor seperti ini mampu menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0.

“Tentu dengan meningkatkan Hard dan Soft Skills,” ucap dia.

Arlin Adam mengaku sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan ini, sebab point-point kesepakatan yang dibuat bersifat simbiosis mutualisme, yaitu saling menguntungkan kedua belah pihak.

“Kami mengharapkan kedepan staf atau pegawai dari BBPK3 yang masih berpendidikan D3 atau SMA dapat meningkatkan jenjang pendidikannya ke S1 di FKM UPRI, sebab di FKM UPRI juga tersedia jurusan yang linear dengan BBPK3, khusus kelas karyawan yaitu Jurusan K3 Umum dan Jurusan K3 Pertambangan,” tandasnya.(*)