Seminar Program Wartawan Spesialis, Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin, Jumat (7/2/2020)

Kementan Tegaskan Sinergi Dengan Media dan Wartawan

Sabtu, 08 Februari 2020 | 19:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

BANJARMASIN, GOSULSEL.COM — Kementan menegaskan program unggulan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah mulai membuahkan hasil. Kabiro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan gerakan peningkatan tiga kali lipat ekspor (Gratieks), dalam 100 hari SYL sebagai Mentan, telah mencapai nilai sekitar 160 trilliun.

“Upaya ini dalam waktu singkat juga telah membuktikan kenaikan kontribusi pertanian terhadap PDB Nasional,” jelas Kuntoro dalam gelaran Seminar Program Wartawan Spesialis, Hari Pers Nasional 2020 di Banjarmasin, Jumat (7/2/2020).

Hasil ekspor pertanian Indonesia mengalami peningkatan hingga 24,35 persen pada bulan Desember 2019, dan Sektor pertanian menyumbang angka USD 370 juta.

Kepada para wartawan dan utusan media massa yang hadir, Kuntoro juga menyampaikan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) dan Agriculture War Room (AWR) telah diluncurkan. Program strategis ini untuk menjembatani gagasan Mentan SYL yang ingin pertanian maju, mandiri, dan modern terasa hingga level kecamatan.

“Luas Baku Lahan Pertanian kita saat ini sudah ditetapkan 7,4 juta Ha. Pemerintah kita sudah satu data pertanian,” imbuhnya.

Menanggapi pertanyaan salah satu peserta, pertanian yang tampak tidak maju, Kuntoro menjelaskan data pertanian yang dilansir BPS mengatakan sebaliknya. Ke depan dirinya ingin sinergi media termasuk wartawan dan Kementan terus terjaga. Capaian pembangunan harus tersampaikan pada masyarakat.(*)


BACA JUGA