Kunjungan BPS Gowa ke Dinas Kominfo Kabupaten Gowa, Rabu (4/3/2020)/ist

Sukseskan Sensus Penduduk 2020, BPS Gowa Kian Gencar Sisir SKPD

Rabu, 04 Maret 2020 | 13:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Guna menyukseskan Sensus Penduduk tahun 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa kian gencar melakukan sosialisasi pengisian online di SKPD
Gowa.

Kali ini, BPS Gowa yang dipimpin langsung oleh Kepala BPS Gowa Usman mendatangi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa untuk memastikan ASN Gowa melakukan sosialisasi sekaligus memandu tata cara pengisian sensus penduduk secara online.

“Dalam kunjungan kali ini, selain sosialisasi, kami juga menyiapkan tim untuk memandu ASN untuk mengisi sensus tersebut,” jelas Usman, Rabu (4/3/2020).

Usman juga mengatakan selain menyisir semua SKPD di Gowa, timnya juga akan mengunjungi instansi vertikal dan sekolah yang ada di Gowa dengan maksud yang sama.

“Rencananya, kunjungan ke SKPD lingkup Pemkab Gowa akan kita laksanakan hingga 17 Maret mendatang, setelah itu kita akan pindah ke instansi vertikal dan sekolah tingkat SMA dan SMK,” urai Usman.

Sensus penduduk online sendiri merupakan tahapan pertama dari sensus penduduk nasional tahun 2020. Jika dulunya BPS melakukan pendataan hanya melalui petugas sensus maka di sensus, kali ini masyarakat bisa melakukan secara mandiri.

Sensus penduduk secara online berlangsung sejak 15 Februari hingga 31 Maret mendatang. Pengisian secara mandiri memberi kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat.

“Melalui online masyarakat bisa mengisi sendiri data-datanya dengan dasar Kartu Keluarga (KK). Mereka bisa mengisi dimana saja dengan mudah, nyaman, aman dan tidak merasa terganggu dengan jam kedatangan petugas sensus kami,” tambahnya.

BPS Gowa ditargetkan untuk bisa melakukan sensus online sebanyak 36.000 KK atau sebesar 16.6%. Target ini menyesuaikan target nasional sebesar 22% dan target Provinsi Sulsel 17%.

Selanjutnya pada 1-31 Juli akan dilanjutkan sensus secara manual. Petugas sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk yang belum melakukan sensus secara online.(*)

Reporter: Sandi Darmawan


BACA JUGA