#

Cegah Covid-19, Bupati Luwu Anjurkan Warganya Rutin Cuci Tangan

Selasa, 17 Maret 2020 | 07:29 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Nama Bupati Luwu, Basmin Mattayang ramai di perbincangkan publik setelah dirinya bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan lawatan ke Kabupaten Luwu 28 Februari lalu.

Meski sempat viral lewat video yang beredar dengan pose jabat tangan dan cipika-cipiki dengan Menhub, namun orang nomor satu di Belopa itu menegaskan jika kondisi suhu tubuhnya normal. 

pt-vale-indonesia

Itu diungkapkan Basmin Mattayang disela-sela dirinya memimpin rapat koordinasi dengan sejumlah SKPD-nya di Makassar membahas terkait langkah pencegahan penyebarab covid-19 di daerah yang dipimpinnya saat 

“Saya diisukan sudah sakit keras setelah bertemu Menhub, disebut tidak bisa makan lagi. Jelas itu tidak benar dan hoax. Justru nafsu makan saya normal dan naik,” kata Basmin dalam keterangannya kepada wartawan di Makassar, Senin (16/3/2020).

Diketahui, peristiwa Basmin bercipika-cipiki dengan Menhub disebutnya terjadi pada Jumat, 28 Februari 2020. Saat itu Basmin menyambut Menhub yang tiba di Bandara Lagaligo Bua di Luwu. Saat itu Menhub bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah meninjau landasan pacu bandara itu.

Adapun mengenai mengenai kondisi kesehatan dirinya, ia mengaku sangat sehat setelah melakukan pengecekan oleh tim medis atau dokter.

“Jadi, tidak perlu tes kesehatan karena tidak ada gejala Corona. Suhu badan saya dicek normal 36 derajat,” ujar Basmin.

Sementara itu berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus Corona, Basmin mengaku telah menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan instansi terkait, yakni pimpinan DPRD Luwu, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Dinas Ketenagakerjaan Luwu. 

Beberapa poin hasil rakor tersebut di antaranya, aparat dan warga Luwu diharapkan mewaspadai kunjungan tamu, dari dalam dan luar negeri, khususnya negara yang terinfeksi Corona, serta membatasi kegiatan-kegiatan yang dihadiri banyak orang dan di luar rumah.

“Kebijakan meliburkan siswa di Luwu kita tunggu arahan Gubernur Sulsel, ada pun kegiatan yang dihadiri banyak orang di Luwu itu biasanya pesta pernikahan, jadi kita minta warga Luwu agar membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah acara,” pungkas Bupati Luwu dua periode ini.

Selain ke masyarakat, untuk kalangan pegawai di lingkup pemerintah Luwu, Basmin mengatakan belum memberlakukan kerja di rumah. 

Namun ia mengingatkan semua bawahannya untuk melakukan aktivitas di kantor dengan mengutamakan menjaga kesehatan dan kebersihan. 

“Di Luwu belum himbau kerja di rumah tapi yang masuk kerja dihimbau menjaga kebersihan,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya pun telah mengingatkan semua masyarakat untuk waspada penyebaran Corona. Hal ini dengan berhati-hati jika menerima tamu.

“Laporkan diri bagi yang sudah kunjungan daerah dari yang terpapar, baik dalam negeri maupun luar negeri. Tundah keluar rumah jika tidak terlalu penting. Untuk semua dinas agar tidak melakukan perjalanan keluar kota tanpa seizin bupati atau undangan dari presiden,” jelasnya. (*)


BACA JUGA