Ketua TP PKK Makassar: Jalani Hidup Bersama Corona, Pertahankan Ekonomi

Selasa, 19 Mei 2020 | 06:01 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ketua TP PKK Makassar, Andi Masniawati Z Yusran selepas serah terima jabatan dari Ketua TP PKK sebelumnya, Murni Djamaluddin Iqbal, segera menggelar rapat perdana bersama pengurus inti TP PKK kota Makassar. Dimana terdiri dari Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, serta Ketua Pokja TP PKK Kota Makassar.

Rapat digelar di Ruang Meeting Rujab Wali Kota Makassar, Senin (18/05/2020). Ketua TP PKK Kota Makassar dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh pengurus TP PKK Kota Makassar untuk hadapi pandemi Covid-19.

pt-vale-indonesia

Jabatan yang baru saja diterimanya, menurutnya menjadi amanah yang cukup berat. Apalagi tantangan berat mesti dihadapinya di tengah pandemi Covid-19.

“Permasalahan yang dihadapi bukan hanya bagaimana kita siap menghadapi hidup, tetapi juga mempertahankan perekonomian. Kondisi sekarang, jika kita tidak berinovasi dapat
melumpuhkan perekonomian,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia, masyarakat dituntut untuk mampu bersahabat dengan Corona, mampu melindungi diri. Serta perekonomian bisa berjalan seperti biasa.

“Langkah ke depan, kita harus mengukur kemampuan kita sebagai PKK, sehingga program yang dijalankan dalam waktu dekat, lebih nyata dan terukur,” tegasnya.

Beberapa program yang dapat digelar seperti pembagian sembako. Pihaknya pun berkoordinasi dengan ibu camat, ibu lurah, hingga RT dan RW.

“Pengurus TP PKK sangat lengkap hingga RT RW, sehingga dapat memantau secara langsung warganya masing-masing,” lanjutnya.

Dengan pergerakan dari PKK Kota Makassar diharapkan tidak ditemukan lagi adanya masyarakat terdampak yang tidak tersentuh.

Selain itu, menggalakkan edukasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan seperti fungsi dari memakai masker, menjaga jarak. Serta rajin mencuci tangan, akan menjadi salah satu program PKK Makassar.

Hal yang cukup penting pula, menurut A Masniawati yakni pengembangan UMKM. “Pengembangan UMKM akan mendapatkan perhatian khusus, seperti UMKM dari segi kuliner, pembuatan masker, maupun pembuatan tempat cuci tangan, yang nantinya akan diletakkan di depan rumah masing-masing,” lanjutnya.

Berbagai hal-hal kecil yang dilakukan oleh TP PKK Makassar, diharapkan dapat memberikan perubahan dalam masyarakat. “Melalui edukasi massif diharapkan dapat memberikan perubahan perilaku masyarakat,” tutupnya. (*)


BACA JUGA