Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid

Dispar Makassar Siapkan Label Patuh Prokes untuk Hotel dan Resto

Jumat, 16 Oktober 2020 | 18:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar tengah menyiapkan label protokol kesehatan (Prokes) untuk hotel dan restoran. Pemberian label artinya kedua tempat tersebut telah memenuhi prokes.

Kepala Dispar Kota Makassar, Rusmayani Madjid menyebut, jika hal itu perlu dilakukan. Selain merupakan upaya peningkatan perekonomian di tengah pandemi, prokes mesti selalu diperhatikan.

“Kita sebentar lagi akan membuat labelling untuk hotel dan restoran yang sesuai dengan protokol Covid-19 nya. Dan ini dikasih bahwa memang betul menerapkan sehingga orang tidak takut lagi datang ke tempatnya,” bebernya saat dihubungi, Jumat (16/10/2020).

Lebih jauh, wanita yang akrab disapa Maya ini juga mengatakan bahwa pihaknya tak sembarang dalam memberikan label pada hotel dan restoran. Pasalnya, perlu ada peninjauan lokasi terlebih dahulu.

“Iya, kita turun lihat apakah sudah sesuai protokol kesehatannya atau tidak. Kalau sudah sesuai, kita kasih mi label bahwa mereka sudah sesuai protokol kesehatan,” lanjut Maya.

Kendati demikian, bentuk label masih dalam tahap pembahasan. Namun, Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar itu memastikan dalam waktu dekat ini, label akan diberikan.

“Itu lagi kita pikirkan, apakah mau piagam atau stiker,” tutup Maya. 

Selain itu, Dispar diketahui juga tengah menyusun panduan protokol kesehatan untuk semua sektor usaha pariwisata. Ini dilakukan sebagai bentuk upaya pihaknya meningkatkan perekonomian. (*)


BACA JUGA