Sabtu Ini, KPU Makassar Tetapkan Paslon Wali Kota Terpilih

Kamis, 21 Januari 2021 | 18:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Jadwal Rapat Pleno agenda paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih hasil Pilwalkot telah diputuskan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah menjadwalkan digelar pada Sabtu (21/01/2021) nanti.

Penetapan pemenang itu setelah mendapatkan nomor buku registrasi perkara konstitusi (BPRK) dari mahkamah konstitusi (MK). Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar.

pt-vale-indonesia

“Penetapan pasangan calon terpilih insya Allah akan digelar hari Sabtu tanggal 23 Januari 2021,” ungkap Gunawan melalui pesan WhatsApp, Kamis (21/01/2021).

Pria yang akrab disapa Gun ini mengatakan rapat pleno penetapan akan disaksikan oleh para paslon. Kemudian turut dihadiri oleh saksi paslon dan pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Yang diundang dalam penetapan adalah semua paslon dan juga perwakilan partai pengusung. Juga mengundang Bawaslu dan Forkopimda,” tambah Gun.

KPU akan memperketat protokol kesehatan (Prokes) saat agenda penetapan nanti. Yang boleh hadir hanya pihak yang berkepentingan saja.

“Pelaksanaan penetapan akan digelar dengan pelaksanaan protokoler kesehatan. Yang bisa memasuki area hanya yang disyaratkan oleh regulasi,” ujarnya.

Gunawan sebelumnya menjelaskan Kota Makassar tidak terdapat permohonan perselisihan hasil pemilihan yang diajukan ke MK. Sehingga dalam aturan, penetapan dapat dilaksanakan paling lambat lima hari setelah dokumen resmi diterima.

Mengenai jadwal pelantikan, dia menyebut itu bukan lagi wewenang penyelenggara Pemilu. “Itu wewenang Kemendagri,” jelas Gun.

Adapun acuan penetapan pemenang Pilkada Makassar yaitu hasil rekapitulasi perhitungan suara. Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi sendiri berhasil meraih suara terbanyak. 

Kandidat dengan jargon ‘Adama’ itu berhasil unggul secara signifikan di 14 kecamatan. Total perolehan sebanyak 218.908 suara, dengan presentase 41,3 persen. (*)


BACA JUGA