Presiden Jokowi tiba di Sulsel disambut Forkopimda di Bandara Galaktika TNI-AU, Kamis (18/03/2021)

Bandara Buntu Kunik Tator Diresmikan Jokowi, Dibangun dengan Potong 3 Bukit

Kamis, 18 Maret 2021 | 16:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Buntu Kunik di Tana Toraja (Tator), Sulsel. Peresmian berlangsung hari ini, Kamis (18/03/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut bahwa pembangunan Bandara menelan anggaran Rp800 miliar. Dibangunnya pun juga tak mudah sebab harus memotong 3 bukit. Olehnya itu, dana yang dihabiskan tidak sedikit.

“Saya tadi tanya Pak Menteri (Perhubungan), habisnya berapa ini bandara, Rp800-an miliar, karena harus memotong tiga bukit, tiga bukit dipotong,” kata Jokowi.

Dengan dipotongnya tiga bukit tersebut, jumlah tanah yang dibuang mencapai 6 juta meter kubik. Dikatakan Jokowi, pemotongan tiga bukit ini menghasilkan landasan pacu atau runaway bandara sepanjang 2.000 meter.

“Memang ini bandara ini unik sekali, memotong bukit, tiga bukit, sehingga runway-nya bisa dibangun,” sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan, keberadaan Bandara Toraja mampu mempercepat mobilitas orang dan barang. Mereka yang dari Makassar, Bali, Jakarta, bahkan Bandung, bisa langsung ke Tana Toraja melalui bandara ini.

Jokowi mengaku selalu menanyakan perkembangan pembangunan Bandara Toraja ke Menteri Perhubungan (Menhub). Ditanya setiap 6 bulan sekali.

Olehnya, ia bersyukur. Sebab akhirnya pembangunan bandara sudah rampung dan dapat beroperasi.

“Bandara ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja, dan memicu, menghidupkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi baru,” tutupnya.(*)