FOTO: Sekda Kota Palopo mengikuti rapat nasional persiapan Pilkada dan Pemilu 2024 bersama KPU RI/Ist
#

Sekda Palopo Ikuti Rapat Nasional Persiapan Pemilu dan Pilkada 2024

Rabu, 24 Maret 2021 | 10:05 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

PALOPO, GOSULSEL.COM – Sekertaris Daerah Kota Palopo, Firmanza didampingi Asisten III Kota Palopo, mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pemerintah Daerah dalam mendukung sukses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 Melalui Zoom Meeting. Kegiatan diikuti Sekda Palopo dari Ruang Rapat Sekertaris Daerah Kota Palopo, Senin (22/3/2021).

Pada kesempatan itu Sekertaris Jenderal KPU, Bernad dermawan Sutrisno, mengatakan kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 tentang persiapan pemilu,  dukungan pemerintah dan tentang tantangan atau potensi masalah.

pt-vale-indonesia

Lanjutnya, Adapun persiapan KPU di antaranya simulasi tahapan, pemutakhiran data pemilih, SDM, sarana dan prasarana serta anggaran dan teknologi informasi.

Simulasi tahapan pemilihan umum presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD diusulkan dilaksanakan pada Februari atau Maret 2024 dengan pertimbangan, Partai perlu waktu yang cukup untuk menyiapkan syarat pencalonan untuk pemilihan November 2024.

Proses administrasi anggaran apabila di laksanakan pada awal tahun (Januari)  biasanya terdapat kendala, kondisi cuaca apabila dilaksanakan pada Januari merupakan puncak musim hujan, dan perlu memperhatikan hari-hari libur keagamaan dan nasional.

Kemudian, Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota sesuai UU no.10 tahun 2016 dilaksanakan pada November 2024.

Turut hadir, Kepala Bappeda Hj.Raodatul Jannah.S.Sos dan perwakilan Kesbangpol Kota Palopo.(*)


BACA JUGA