Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Direktur PDAM Gowa Hasanuddin Kamal saat meresmikan IPA 100 liter per detik di Bontomarannu

Berkat Dorongan Bupati, PDAM Gowa Dapat Bantuan NUWSP dari Kementerian PUPR

Kamis, 22 April 2021 | 23:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Berkat dukungan dari Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, PDAM Tirta Jeneberang Gowa berhasil mendapatkan bantuan National Urban Water Supply Project (NUWSP) dari Kementerian PUPR yang didanai oleh Bank Dunia. 

Keberhasilan ini membawa PDAM Tirta Jeneberang Gowa menjadi salah satu dari 8 PDAM di Indonesia yang mendapatkan bantuan tersebut. 

Direktur PDAM Tirta Jeneberang Gowa, Hasanuddin Kamal mengaku, keberhasilan yang diraih ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

“Semua berkat dukungan bapak Bupati Gowa yang senantiasa mendorong, mengarahkan dan memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan pengembangan air bersih sebagai kebutuhan pokok dari masyarakat,” tutur Hasanuddin Kamal, Kamis (22/4/2021). 

Hasanuddin Kamal menyebutkan, adapun bantuan yang diterima PDAM Gowa merupakan reward atas keberhasilan membangun IPA 100 liter per detik di Bontomarannu.

“Bantuan tersebut berupa optimalisasi IKK Barombong senilai Rp13 Miliar dan pembangunan Jaringan utama Pattallassang senilai Rp4, 5 Miliar,” kata Hasanuddin Kamal.

Hasanuddin Kamal mengaku, saat ini dirinya didampingi Konsultan dan Dinas PUPR Gowa tengah menghadiri pembahasan finalisasi Dokumen perencanaan di Tangerang Banten.

“Alhamdulillah PDAM Gowa dibantu Konsultan berhasil memenuhi segala perencanaan yang dipersyaratkan. Baik syarat tehnik berupa DED, FS, Gambar dan RAB maupun non tehnik berupa, rekomendasi kepala daerah, berbagai  perizinan dan UKL/UPL,” jelas Hasanuddin. 

Dengan dipenuhinya persyaratan itu lanjut Hasanuddin Kamal, bisa disimpulkan bahwa bantuan itu dapat dilelang pada Minggu pertama bulan Mei 2021 melalui Balai besar sarana cipta karya Provinsi Sulawesi Selatan.(*)

Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA