Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Nielma Palamba/Int

PTM Bulan Depan, Disdik Makassar: Jam Belajar SD 2 Jam, SMP 3 Jam

Selasa, 08 Juni 2021 | 12:06 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar sudah bersiap untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Pihaknya pun memastikan SD dan SMP dibuka pada bulan Juli nanti.

Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Nielma Palamba menyebut sejumlah skema PTM telah disiapkan. Mulai dari batas kapasitas hingga durasi jam belajar bagi siswa.

Khusus jam belajar, kata dia, bakal dibatasi merujuk pada instruksi Presiden Jokowi. Olehnya, pihak sekolah harus memastikan jadwal atau roster mata pelajaran yang akan diberikan kepada siswa.

“Kalau kapasitas tentu 50 persen. Mereka nanti per shift masuk. Misalnya kalau SD rombongan belajarnya itu ada 28, nanti yang masuk 14 dulu,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (08/06/2021).

“Jadi bulan Juni kan masuk ajaran baru, kita mulai simulasi dulu. Jam belajar SD itu hanya dua jam, SMP itu tiga jam,” sambung Nielma.

Juga, disampaikannya, siswa harus menjalani tes Covid-19 melalui rapid antigen. Hal itu untuk memastikan dirinya aman dari penularan virus sebelum menginjakkan kaki kembali di sekolah.

“Di testing antigen sebelum masuk sekolah. Ini kan masuk program Makassar Recover,” ucap Kepala Bapelitbangda Makassar ini.

Sejauh ini, Disdik Makassar masih melakukan verifikasi dan validasi di setiap SD dan SMP. Tahapan ini punya tujuan untuk memastikan sekolah layak menggelar PTM.

Ada sekitar 200 tim verifikator yang besar dari Disdik Makassar yang diturunkan ke tiap SD dan SMP di 14 kecamatan. Mereka bertugas untuk menilai kesiapan sekolah menghadapi PTM di tengah pandemi. (*)


BACA JUGA