Rapat PPDB 2021 untuk jenjang SD dan SMP berlangsung di Ruang Rapat Banggar DPRD Makassar, Selasa (15/06/2021)/Ist

Dimulai 21 Juni, Disdik Makassar Klaim Persiapan PPDB 2021 Maksimal

Selasa, 15 Juni 2021 | 19:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 jenjang SD dan SMP di Makassar bakal dibuka. Tahap pertama dimulai pada 21 Juni nanti.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar terus mematangkan persiapan. Hal itu dilakukan agar tahap pertama bisa berjalan dengan lancar.

Plt Kepala Disdik Makassar, Nielma Palamba menyebut bahwa upaya persiapan telah dilakukan secara maksimal. Termasuk untuk sistem yang akan digunakan.

“Persiapan kita sudah 80 persen, mengingat waktu kan konsisten dengan jadwal tanggal 21 Juni. Siang ini saya ke DPRD bersama capil, bagian layanan pengadaan, BPKAD dan Diskominfo,” ujarnya, Selasa (15/06/2021).

Ia menambahkan telah bekerja sama dengan berbagai instansi untuk menjamin kelancaran PPDB 2021. Seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Diskominfo dan layanan pengadaan.

Nielma juga menjelaskan beberapa perbedaan antara PPDB tahun ini dengan sebelumnya. Pelaksanaannya digelar secara mandiri, tanpa melibatkan vendor atau pihak swasta.

“Intinya kami mandiri, tidak menggunakan vendor,” tambahnya.

Pertimbangannya untuk memberi kemudahan. Aplikasi khusus juga dihadirkan untuk mempercepat proses pendaftaran peserta didik baru.

“Servernya kominfo, jadi kita telah identifikasi masalah tahun lalu, tidak akan jatuh di lubang yang sama seperti jaringan,” paparnya.

“Staf saya baru pulang dari Jakarta melaporkan kita akan melakukan PPDB secara mandiri, sehingga aplikasi itu hak milik pemerintah. Jadi nanti ini kita pake lagi, sisa update data, tentunya kalau ada masalah sinkronisasi data kan biasanya ribuan orang masuk,” sambungnya.

Nielma menjelaskan Disdik Makassar akan terus berupaya dalam mengantisipasi permasalahan yang bisa terjadi. “Tahun lalu kan begitu, ibaratnya lalu lintas banyak yang akses jadi wajar serves down. Tapi malam ada yang bisa akses jadi wajar pagi sampai siang seperti itu,” lanjutnya.

“kami berdoa agar masalah tahun lalu tidak terjadi lagi,” tandasnya.(*)


BACA JUGA