Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka Makassar Jazz Festival di atas kapal Phinisi, Kamis (17/06/2021)/Ist

Direstui Menparekraf Sandiaga, Festival F8 Makassar Bakal Kembali Digelar

Sabtu, 19 Juni 2021 | 00:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kota Makassar. Tepatnya di Center Point of Indonesia (CPI), Kamis (17/06/21). 

Diiringi musik dan tarian tradisional, kedatangannya disambut langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi. Mereka sembari berjalan menuju kapal phinisi yang sudah disiapkan.

pt-vale-indonesia

Diatas phinisi, Danny memaparkan kepada Sandiaga Uno terkait perkembangan potensial pariwisata di Kota Makassar. Ada 8 program unggulan Diantaranya, agenda mice bulanan, destinasi kepariwisataan, skill kompetensi pariwisata, destinasi unggulan kepulauan supermonde, pengembangan pulau Lakkang, kampung budaya Paropo, 5000 lorong wisata dan yang terpenting penyelenggaraan kembali F8. 

“Kita masih pantau penyebaran covid 19 di Klta Makassar. Saya presentasekan dihadapan Pak menteri sandi dan beliau bilang F8 harus diselenggarakan kembali,” ucapnya.

Mendapat dukungan penuh, Danny rencananya akan menganggarkan kembali anggaran. Diperuntukkan untuk pelaksanaan F8 tahun ini.

“Tadi sebelum naik ke mobil pak menteri bilang F8 sangat bagus. Harus dilaksanakan. Kita tetap menganggarkan pelaksanaan ini. Meskipun dulu pemerintah full yang mengerjakan dan tahun ini kalau pandemi berakhir maka swasta yang turun tangan dan pemerintah ikut membantu,” tuturnya.

Senada dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno merasakan ada semangat baru, ada harapan baru dari Kota Makassar. Ia melihat kebangkitan pemulihan kita terutama sebagai barometer Indonesia timur, Makassar bersiap siap dengan penerapan protokol Kesehatan yang ketat dan disiplin. 

“Event yang dirancang seperri F8 maupun Makassar Jazz Festival sebagai contoh menggeliatkan roda penyelenggaraan event yang membuka peluang kerja dan ini adalah program program yang tepat sasaran di tengah pandemi terutama kepada sektor yang sangat membutuhkan,” jelasnya.

Sandi menyebut penyelenggaraan F8 nanti sebagai awal kebangkitan pariwisata dari timur. “Tadi saya turun, bicara sama musisinya, mereka sudah lama sekali tidak mendapatkan order, jadi ini bentuk keberpihakan kita untuk menghadirkan kebijakan yang penuh berkeadilan. Dan saya melihat Makassar mematuhi Prokes,” ujar Sandi. 

Sandi Uno menyatakan akan support dan berkaloborasi secara penuh kegiatan-kegiatan kepariwisataan di Kota Makassar. “Tentunya kita harus perhatikan prokes, kita harus lihat keadaan covid setelah itu saya akan koordinasi dengan pak wali bagaimana bentuk daripada kolaborasi kita, sekarang kita perlu beradaptasi dan terus beradaptasi dan terima kasih bisa berkolaborasi,” pungkasnya. 

Tak ketinggalan, The King of Youtubers, Atta Halilintar yang turut hadir tampak sangat terpesona dengan keindahan Kota Makassar. Ia sangat menikmati kuliner khas Makassar yang di sajikan di atas kapal phinisi sembari mengelilingi laut losari dan diiringi musik jazz.(*)


BACA JUGA