Unhas dan BPJS Kesehatan sepakati kerja sama Program Peningkatan Kualiatas Sumber Daya Manusia dan Studi Jaminan Kesehatan Nasional, Jumat (18/06/2021)/Ist

BPJS Kesehatan-Unhas Sepakati Kerjasama Peningkatan SDM dan Jaminan Kesehatan

Jumat, 25 Juni 2021 | 14:03 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sepakati kerja sama Program Peningkatan Kualiatas Sumber Daya Manusia dan Studi Jaminan Kesehatan Nasional. Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan MoU antara Wakil Rektor Bidang Akademik, Muh. Restu dan Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal Abdullah.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 10.00 WITA secara luring terbatas. Menerapkan protokol Covid-19 di Ruang Rapat A Lt. 7, Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (18/06/2021).

pt-vale-indonesia

Pertemuan membahas terkait peningkatan kualitas SDM melalui program pembelajaran pendidikan tinggi di Unhas. Serta jaminan kesehatan nasional melalui seminar, simposium, workshop, studi banding, studi lapangan, analisa dan kajian serta internship program.

Muh. Restu menyampaikan saat ini Unhas telah mengembangkan berbagai program pendidikan atas kerja sama dengan mitra, salah satunya melalui prgram double degree di beberapa fakultas. Melalui program tersebut, mahasiswa dapat mengembangkan bidang kajian ilmu dari metode pembelajaran universitas luar negeri.

“Kami semangat dalam membuat program merdeka belajar, seperti program magang mahasiswa di beberapa instansi pemerintah maupun swasta. Dengan demikian, bersama BPJS kita dapat pula menghadirkan program merdeka belajar, dengan memfasilitasi kajian serta peningkatan skill mahasiswa secara bersama-sama,” jelas Restu.

Lebih lanjut, Restu menambahkan untuk pengembangan kualitas SDM Indonesia Timur, Unhas juga menghadirkan program afirmasi melalui skema D3 Kekhususan Kesehatan Terpadu untuk Asmat. Proporsi penerimaan mahasiswa afirmasi 3T tersebut dengan kuota khusus klaster Papua-Maluku. Setelah menyelesaikan masa studi, diharapkan mereka kembali ke daerah untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal Abdullah menuturkan pertemuan yang dilakukan untuk menindaklanjuti pembahasan yang sebelumnya melalui aplikasi zoom meeting. Bentuk kesepakatan yang ditawarkan BPJS berhubungan dengan pembelajaran bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman melalui program internship, sebagai upaya peingkatan kualitas SDM.

“BPJS memiliki portal data untuk semua jurnal yang terkait dengan jaminan kesehatan, yakni bidang keperawatan, ekonomi kesehatan, dan hukum. Olehnya itu, kami ingin bersama Unhas mengembangkan bidang kajian penelitian, terlebih Unhas saat ini memiliki jurnal yang terindeks scopus Q1,” jelas Andi Afdal.

Kegiatan penandatanganan berlangsung lancar hingga pukul 11.30 Wita dan tutup dengan diskusi bersama, terkait bentuk implementasi dari kerja sama yang akan dilakukan. (*)


BACA JUGA