PT Pelindo IV dan PIP Makassar menggelar pendidikan dan pelatihan BST dan SKK atau Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil bagi nelayan dan awak kapal ikan di Kampus II PIP Makassar pada Senin (23/08/2021) sampai Sabtu (28/082021)/Ist

Tingkatkan Keterampilan Nelayan, Pelindo IV Gelar Pendidikan dan Pelatihan BST dan SKK

Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:18 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan mengurangi risiko kecelakaan di laut, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) bekerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar. Keduanya menggelar pendidikan dan pelatihan Basic Safety Training (BST) dan SKK atau Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil bagi nelayan dan awak kapal ikan.

Selama enam hari, para nelayan dan awak kapal ikan tersebut akan diberikan pendidikan dan pelatihan secara gratis. Kegiatan ini berlangsung di Kampus II PIP Makassar Jl Salodong, Untia, Biringkanaya pada Senin (23/08/2021) sampai Sabtu (28/082021).

pt-vale-indonesia

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo IV, I M. Herdianta mengatakan pihaknya berharap agar kegiatan ini bisa kontinyu dilakukan. Apakah enam bulan sekali atau setahun sekali.

“Semoga kegiatan ini akan berlanjut terus ke depannya,” katanya.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, pendidikan dan pelatihan tersebut sebagai bentuk perhatian pihaknya kepada nelayan dan awak kapal ikan. Di mana yang berada di lingkungan kerja Pelindo IV.

“Selama mengikuti pendidikan, seluruh peserta akan diasramakan. Semua kebutuhan makan dan minum ditanggung oleh Pelindo IV, bahkan setiap peserta juga mendapatkan uang saku sebesar Rp150.000 per hari,” ucap Toto.

Ia juga menuturkan bahwa selama mengikuti pendidikan dan pelatihan, setiap peserta wajib mengikuti protokol kesehatan. Sebagaimana ketentuan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Pendidikan dan pelatihan tersebut diikuti oleh 60 orang. Terdiri dari nelayan dan awak kapal ikan yang berada di wilayah Kelurahan Kaluku Bodoa, Kelurahan Buloa, Kelurahan Cambayya dan Kelurahan Tallo. (*)


BACA JUGA