Siswa Satdik-2 Kota Makassar saat dilantik oleh Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dalam upacara yang digelar di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, Sabtu (28/08/2021)

Penuhi Kuota Prajurit, 249 Siswa Dikmaba Dikmata TNI AL XLI Makassar Dilantik

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 13:42 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 249 siswa Satdik-2 Kota Makassar Angkatan XLI Tahun Anggaran 2021 melaksanakan upacara pelantikan dan penyumpahan. Bertempat di Dermaga Layang Mako Lantamal VI, Sabtu (28/08/2021).

Mereka terdiri dari 99 prajurit Pendidkan Pertama Bintara (Dikmaba) dan 150 prajurit Pendidkan Pertama Tamtama (Diktama). Dan dilantik langsung Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Nurhidayat menyampaikan bahwa pihaknya berupaya memenuhi kuota prajurit TNI AL di seluruh Indonesia. Yakni dengan membuka sekolah pendidikan sebagaimana yang menjadi instruksi Kasal Laksamana TNI, Yudo Margono.

“Ini adalah program TNI Angkatan Laut yang memang kita gelar di wilayah 1 Tanjung Uban kemudian di wilayah 2 di Makassar kemudian wilayah 3 di Sorong,” ujar Nurhidayat.

“Program ini adalah untuk memenuhi pemenuhan tugas dari TNI Angkatan Laut yang harus merata di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Lebih jauh, Nurhidayat menyebut saat ini pulau-pulau terpencil di Indonesia masih kekurangan prajurit. Mereka yang tengah menjalani pendidikan diharapkan bisa ditempatkan di daerah tersebut.

“Bapak Kasal telah membuka sekolah di masing-masing daerah agar para pemuda pemudi bisa menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang akan mengawal pulau-pulau kecil yang berada di Indonesia ini,” jelasnya.

“Jumlahnya banyak dan itu perlu diawaki oleh prajurit-prajurit yang hebat dan kita lihat bersama tadi demonstrasinya juga sudah Itu semua tidak ada cacat sedikitpun,” tutup Nurhidayat.

Tiga kapal perang dilibatkan dalam upacara pelantikan dan penyumpahan siswa Dikmaba dan Dikmata TNI AL Angkatan XLI ini. Yakni KRI Layang- 635 dari Koamada li, KRI Badau-841 Lantamal VI serta KAL Pulau Langkai Lantamal VI Makassar.

Usai upacara, siswa juga beberapa menampilkan skill. Diantaranya River crossing, Senam balok dan perahu karet, Merplug, Fluit, Kolone Senapan, Halang rintang, Pertempuran, Karate, Tali temali, terjun paku di laut dan Bongkar pasang senjata.(*)