Plh Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem

Usai Direstui Pusat, Dispar Makassar Bakal Izinkan Konser Musik Berskala Besar Digelar

Senin, 27 September 2021 | 22:22 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) akan mengizinkan konser berskala besar digelar. Kebijakan itu diambil setelah diberi lampu hijau oleh pemerintah pusat.

Sebelumnya, Kemenparekraf memastikan bahwa konser musik yang melibatkan banyak orang akan dihelat. Pertimbangannya adalah karena pandemi Covid-19 dianggap sudah terkendali.

Plt Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem menyambut baik kabar tersebut. Pihaknya bahkan sudah jauh hari menyusun petunjuk teknis (Juknis) dalam menggelar sebuah event. Khususnya mengenai penerapan protokol kesehatan (Prokes).

“Kita siap karena sudah dari tahun lalu pedoman penyelenggaraan event selama pandemi itu sudah ada,” ungkap Roem, Senin (27/09/2021).

Sebelum digelar, Roem bilang, setiap event terutama konser musik harus lebih dulu punya izin dari beberapa pihak. Salah satunya kepolisian dalam rangka pengamanan.

“Tetapi pemberian izin pagelaraan atau event itu kan ada melibatkan pihak lain seperti keamanan. Sehingga harus diputuskan bersama dalam pemberian izin pelaksanaan,” sambungnya.

Konser musik sebenarnya sudah dibolehkan di Makassar. Namun, diakui Roem, masih ada pembatasan dalam pelaksanaan. Untuk itu, adanya kebijakan baru pusat tersebut menjadi angin segar bagi Dispar.

“Di SE (Surat Edaran) Wali Kota tentang PPKM level 2 juga sudah menyebutkan, kegiatan seni dan budaya bisa 25% kapasitas maksimal dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” tutupnya. (*)


BACA JUGA