Pulau Lae-lae, Kota Makassar/Ist

19 Peserta Ikuti Desain Kawasan Wisata Lae-lae, Siapa Saja?

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:19 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sayembara desain kawasan wisata pulau Lae-lae, Kota Makassar ditutup hari ini, Jumat (22/10/2021). Hingga kini, sudah ada 19 peserta yang terdaftar.

Mereka yang ikut didominasi oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Tadulako, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, UIN Alauddin Makassar, Universitas Hasanuddin, dan Tanri Abeng University. Juga ada pula arsitektur profesional.

“Sudah 19 kelompok peserta yg mendaftar berdasarkan dari panitia lomba. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 22 Oktober,” kata Tim Ahli Wali Kota Makassar, Naidah Naing.

Sebelumnya, Naidah menjelaskan bahwa sayembara yang dibuka sejak 24 September itu bertujuan untuk mendorong potensi wisata Lae-lae. Untuk itu, desain kawasannya mesti diperhatikan.

“Di sana kan potensi wisata pantainya bagus. Yang pertama, paling dekat dengan kota Makassar. Kedua, spot untuk melihat sunset secara utuh itu ada di Lae-lae karena tidak ada yang menghalangi,” jelas Naidah.

Sayembara ini merupakan hasil kerjasama dengan ITB melalui tim Prodi Arsitektur Fakultas Teknik. Adapun Pemkot Makassar menyatakan siap bekerjasama karena sejalan dengan programnya.

“Itu kan diadakan oleh ITB tapi bekerjasama dengan Pemkot. Jadi sayembaranya itu terkait bagaimana mau kita lihat desain wisata pantai dan kuliner di Lae-lae,” ujarnya.

“Jadi lombanya ini diikuti oleh mahasiswa. Tapi akan dibuka juga nanti untuk masyakarat umum. Kita mau lihat mereka membuat desain spot untuk foto, ada wisata kulinernya,” sambung Naidah.

Usai pendaftaran, sayembara dilanjutkan ke tahap penilaian. Naidah menyampaikan bahwa yang akan menilai adalah Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama dirinya. Keputusan hasil sayembara juga ditangannya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar, Muhammad Roem mewakili Pemkot menyebut pihaknya terus mendukung sayembara tersebut. Terlebih, tujuannya untuk pengembangan kawasan wisata.

“Dari Dinas Pariwisata mendukung kegiatan ini, karena membantu dalam perencanaan kawasan destinasi pulau Lae-lae. Dan memang selain dekat dengan Makassar, juga punya pantai yang bagus,” tukas Roem. (*)


BACA JUGA