Gula aren (foto: unsplash)

9 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 15 November 2021 | 17:51 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COMGula aren ternyata bukan hanya sebagai pemanis alami biasa. Namun di dalamnya terkandung segudang manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasan mengenai palm sugar yang banyak dicari konsumen.

9 Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan

Tubuh sehat merupakan salah satu kunci hidup bahagia. Untuk mendapatkan itu semua, Anda bisa mengonsumsi gula aren yang bermanfaat untuk:

Sumber Energi Tambahan

Gula ini mengandung karbohidrat yang baik untuk tubuh. Itulah sebabnya jika Anda mengonsumsinya badan terasa menjadi lebih segar. Anda pun mempunyai cadangan energi untuk beraktivitas dan bergerak.

Cara mengonsumsinya bisa dicampur dengan air hangat. Anda juga bisa memberikan gula tersebut pada irisan tomat apel, kelapa muda, teh hangat, dan lain-lain.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan. Apa lagi disaat pandemi seperti sekarang ini. Oleh sebab itu, banyak orang mengonsumsi palm sugar karena bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Setelah mengonsumsi gula ini maka suhu tubuh meningkat karena pengaruh dari rasa manisnya. Manfaat lain dari palm sugar adalah memperlancar peredaran darah, memperkuat limpa, dan mengurangi nyeri.

Melancarkan Pencernaan

Gula aren juga berkhasiat melancarkan pencernaan. Soalnya gula ini mengandung serat makanan yang bernama inulin untuk melancarkan pencernaan. Fungsi dari serat inulin yaitu membantu mengendalikan bakteri pada usus, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral tubuh.

Dengan adanya serat inulin maka Anda bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki sistem pencernaan. Soalnya kesehatan tubuh berawal dari sistem pencernaan yang sehat.

Menjaga Kesehatan Tulang

Anda harus selalu menjaga kesehatan tulang agar kuat sampai tua. Sebab itu, sangat penting mengonsumsi berbagai mineral seperti kalsium,mangan, dan fosfor.

Salah satu kandungan palm sugar adalah mangan yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsinya maka Anda akan terhindar dari resiko osteoporosis yang banyak menyerang pada orang lanjut usia. Di samping itu, gula ini bermanfaat untuk menghindari resiko diabetes seperti resistensi insulin.

Mengatasi Anemia

Kandungan palm sugar yang lainnya yaitu zat besi, B1, B2, B6, dan B12. Nutrisi tersebut sangat bagus untuk memperbaiki masalah darah dalam tubuh seperti:

1. Mencegah anemia
2. Kadar hemoglobin di dalam darah meningkat
3. Meregenerasi peredaran aliran darah dalam tubuh
4. Selain itu gula ini berkhasiat mengobati sindrom polikistik ovarium (PCOs) pada wanita

Cara mendapatkan manfaatnya yaitu dengan mengonsumsi secara teratur. Namun Anda harus membeli gula ini yang asli di tempat yang terpercaya. Jika tidak asli maka manfaatnya juga akan berkurang.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan pada gula aren banyak manfaatnya untuk menangkal radikal bebas sebagai faktor penuaan dini. Sedangkan antioksidan polifenolnya berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Dengan mengonsumsinya maka Anda akan awetmuda dan terhindar dari resiko penyakit kardiovaskuler.

Membantu Pertumbuhan Sel

Gula ini mengandung 16 asam amino sebagai bahan esensial pembentukan protein untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Peremajaan sel membuat Anda lebih segar dan awet muda.

Menjaga Sistem Saraf

Kadar kalium dari gula ini lebih tinggi dari sayuran dan pisang. Kalium bermanfaat menjaga aktivitas sistem saraf seperti gerak jantung yang teratur dan kontraksi otot.

Meningkatkan Daya Ingat

Gula ini juga bermanfaat meningkatkan daya ingat, meredakan kelelahan, dan membuat tubuh rileks. Caranya dengan membubuhkannya pada susu hangat yang diminum sebelum tidur sebagai obat alami.

Kandungan nutrisi dari palm sugar sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa mendapatkan gula aren asli yang tersedia di Blibli agar bisa mendapat manfaat kesehatan yang tepat.(*)


BACA JUGA