UNM bekerjasama dengan Dispora Sulsel. Penandatanganan perjanjian kerjasama berlangsung di Menara Pinisi UNM, Selasa (16/11/2021)/Ist

Gandeng Dispora Sulsel, Rektor UNM: Pembangunan Olahraga Dimulai dari Kampus

Rabu, 17 November 2021 | 13:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) terus menggandeng beberapa pihak untuk peningkatan kualitas pendidikan. Terkhusus di bidang olahraga.

Kali ini, UNM bekerjasama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulsel. Penandatanganan perjanjian kerjasama berlangsung di Menara Pinisi UNM, Selasa (16/11/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor UNM, Husain Syam, para wakil Rektor dan Dekan dalam lingkup UNM. Dari pihak Pemprov, hadir Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani, dan Kepala Dispora Sulsel, Andi Arwin Azis.

Menyambut kegiatan tersebut, Rektor UNM, Husain Syam mengatakan penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut sebagai kelanjutan dari MoU dengan Pemprov Sulsel. Itu pada bidang pengembangan olahraga di Sulsel.

“Kita betul-betul serius menandatangani kerjasama ini membangun sinergi, sebelumnya kita sudah buat MoU dengan Pemprov Sulsel dan ini bagian dari tindak lanjut dibidang keolah ragaan,” ungkap Husain.

Lebih lanjut, Husain menyebut kegiatan ini sangat penting. Sebab, selama ini mahasiswa UNM selalu menjadi bagian dari atlet yang mengharumkan nama Sulsel di kanca Nasional.

Selain itu, kerjasama ini, menurut Husain, bagian dari implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dari Kementrian Pemuda dan Olahraga. Di mana perlunya kolaborasi dan sinergi antara kampus dan Pemprov Sulsel.

“Tak bisa kita pungkiri sekitar 30 persen atlet dari UNM yang mewakili Sulsel, sehingga pembangunan olahraga dimulai dari kampus, perjanjian kerjasama ini betu-betul ada sinergi antara kampus dan Pemerintah Provinsi, kemudian ini juga berdasarkan Kepres tentang DBON dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Kalau kita mau desain harusnya dari kampus kita mulai,” tambahnya.

Sementara itu, Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani mengatakan ini merupakan langka dalam menggagas inovasi. Di mana kampus menjadi dapur dari pembinaan olahraga di sulsel.

“Ini betul-betul inovasi yang kita gagas, kita ingin implementatif, implementasi ini kita mulai tumbuh kembang dari kampus, dengan ini kita bisa memastikan sulsel ini industri olahraga ini dari kampus. Salah satu cara adalah menyapa kampus,” tutupnya. (*)


BACA JUGA