Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno saat menghadiri workshop inovasi dan kewirausahaan yang berlangsung di Cafe Ombak, Selasa (23/11/2021)

Pulihkan Sektor Ekraf, Kemenparekraf Hadirkan KaTa Kreatif di Makassar

Selasa, 23 November 2021 | 21:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI telah mencanangkan program Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif. Menjadi salah satu upaya dalam memulihkan ekonomi kreatif (Ekraf).

Program ini dihadirkan di Kota Makassar. Sebagai awal, Kemenparekraf RI melalui Direktorat Infrastruktur Ekonomi Kreatif menggelar workshop inovasi dan kewirausahaan yang berlangsung di Cafe Ombak, Selasa (23/11/2021).

Workshop ini dihadiri langsung oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno. Pesertanya merupakan para pelaku UMKM yang berfokus pada ekonomi kreatif.

Sandiaga menjelaskan kehadiran KaTa Kreatif di Makassar karena melihat tingginya geliat produk UMKM yang ada. Sebagai episentrum produk kreatif di Indonesia Timur, produk fashion yang menarik perhatian.

Atas itu, Sandiaga Uno memandang perlu KaTa perlu dihadirkan untuk para pelaku UMKM di Sulsel dan Makassar secara khusus. Workshop ini pun bisa menjadi agar mereka tahu soal strategi pemasaran yang efektif.

“Dengan strategi pemasaran yang efektif, ini akan menembus pasar internasional untuk menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan usaha yang seluas-luasnya,” jelasnya.

Program KaTa Kreatif, disebutkan Sandiaga, menjadi salah satu upaya mendorong agar masyakarat bisa lebih mencintai produk lokal Indonesia. Gerakan itu pun dinamakan bangga buatan Indonesia.

“Jadi para pelaku UMKM bisa bergabung dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia itu bisa didaftar melalui marketplace on boarding. Dan juga kegiatan peningkatan kapasitas,” ujar Sandiaga.

Geliat yang terlihat sejuah ini oleh para pelaku UMKM, kata dia, mesti dipertahankan. Agar tidak kembali terpuruk saat Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti, pihaknya berupaya memulihkan ekonomi workshop inovasi dan kewirausahaan yang berlangsung di Cafe Ombak, Selasa (23/11/2021). kreatif dan menangani pandemi Covid-19 untuk jalan beriringan, salah satunya dengan menerapkan PPKM Level 3.

“Kita melakukan juga vaksinasi dan diharapkan terus meningkat, karena kita bisa bangkit jika kita sehat,” tukas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.(*)