PT Vale Indonesia Tbk bersama DPRD Sulteng menggelar Workshop Ranperda TJSL di Sutan Raja Hotel, Palu, Kamis (25/11/2021)/Ist

Gelar Workshop, Vale Indonesia-DPRD Sulteng Bahas Pengelolaan TJSL

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

PALU, GOSULSEL.COM — PT Vale Indonesia Tbk bersama DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Workshop Ranperda Tanggungjawab Sosial Lingkungan (TJSL). Kegiatan berlangsung di Sutan Raja Hotel, Palu, Kamis (25/11/2021).

Tema yang diusung ‘Tata Kelola Program Tanggung Jawab Sosial TJSL Perusahaan untuk Mewujudkan Masyarakat Sejahtera dan Lingkungan Berkelanjutan’. Dimaksudkan untuk mencapai tujuan meningkatkan kepeduliannya serta tanggungjawab terhadap masyarakat di sekitarnya.

Salah satu tujuannya adalah agar perusahaan senantiasa meningkatkan kepeduliannya serta tanggung jawab terhadap masyarakat disekitarnya. Terkhususnya bagi yang berada dekat area operasional agar dapat diberdayakan dengan baik. Olehnya, agar semuanya bisa tertata dengan baik, maka dibuatkan regulasi dalam sebuah Peraturan Daerah (Perda).

Direktur Corporate Affairs and General Admins PT Vale Indonesia Tbk, Yusuf Suharso mengatakan, kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberi dampak positif untuk masyarakat Sulteng khususnya. Begitu juga dengan pemerintah dan pelaku usaha sehingga kegiatan diharapkan bisa berkelanjutan.

“Kami berterima kasih atas kesempatannya untuk bisa bekerja sama, semoga ini bukan terakhir tapi awal kerja sama kedepannya lebih baik karena kami berharap bahwa kedepannya PT Vale Indonesia Tbk bisa turut andil untuk pembangunan usaha,” jelasnya, Jumat, (26/11/2021)

GM Eksternal Relation PT Vale Indonesia Bahodopi, Asriani Amiruddin menjelaskan, tujuan workshop untuk menyamakan persepsi serta mendapatkan saran dan masukan. Itu dari semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan tanggung jawab sosial perusahaan.

Nantinya, akan menghasilkan Perda Sulteng tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Di mana dapat meningkatkan kualitas dan bermanfaat baik bagi perusahaan, komunitas setempat, masyarakat serta lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“DPRD Sulteng sebelumnya melakukan kunjungan ke PT Vale Indonesia Tbk beberapa bulan lalu, disana mereka melihat CSR, pengelolaan lingkungan, pengolahan limbah, kemudian tertarik dan melakukan diskusi,” jelasnya.

Menurutnya, PT Vale Indonesia Tbk harus mengawal baik dan harus terlibat mendukung pemerintah. Sebab, Ranperda itu memiliki kemaslahatan yang luas bagi dunia usaha dan masyarakat serta pemerintah.(*)