Kelompok mengatasnamakan "Sahabat Fatma" pun bergerak mengecek langsung Perumnas Antang, Senin (06/12/2021)

‘Sahabat Fatma’ Larut Malam Pantau Kesiapsiagaan Warga Perumnas Antang-Siapkan Posko Siaga Banjir

Selasa, 07 Desember 2021 | 13:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Curah hujan selama beberapa hari ini kian tinggi. Kondisi itu membuat beberapa lokasi di Kota Makassar terendam banjir, Senin (6/12/2021).

Kelompok mengatasnamakan “Sahabat Fatma” pun bergerak mengecek langsung Perumnas Antang. Merupakan salah satu area langganan banjir di Makassar.

‘Sahabat Fatma’ adalah salah satu kelompok pemenangan pasangan Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto-Fatmawati Rusdi. Itu saat di Pilwalkot Makassar 2020 lalu.

Belasan orang dari Sahabat Fatma kemudian menuju SMAN 12 Makassar. Di mana merupakan satu tempat dijadikan pengungsian oleh warga Perumnas Antang bila terjadi banjir.

Tujuannya melihat kesiapsiagaan warga setempat. Juga untuk koordinasi pelaksanaan posko siaga banjir.

Rupanya disitu sudah ada sejumlah warga yang berjaga-jaga. Mereka tergabung dari Sanggar Pramuka Ambalan KCN SMAN 12 Makassar. Bila terjadi banjir mereka bertindak sebagai tim penyelamat.

Warga setempat yang masuk dalam Sanggar Pramuka Ambalan KCN SMAN 12 Makassar, Ruslan memang ada dua blok yang memang sudah langganan banjir. Ialah Blok 8 dan 10.

Namun hingga pukul 01.00 WITA dini hari tadi, kondisi air menurut mereka masih status ‘siaga’. “Kami ada koordinasi dengan warga dan cepat saling menginformasikan,” kata Ruslan.

Koordinator Sahabat Fatma, Mustaqim Musma, menjelaskan, kedatangannya malam ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan warga dalam menghadapi datangnya banjir seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini pula yang menjadi penegasan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi.

“Termasuk bagaimana pelaksanaan posko siaga banjir atau tempat pengungsiannya,” katanya.

Hingga larut malam, Sahabat Fatma terpantau ikut menemani tim penyelamat yang tergabung dalam Sanggar Pramuka Ambalan KCN SMAN 12 Makassar. Mereka berjaga-jaga sambil memantau kondisi air. (*)


BACA JUGA