Bawaslu Kabupaten Gowa bersama PMII Cabang Gowa menandatangani perjanjian kerjasama di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Rabu (29/6/2022)

Kawal Pemilu 2024, Bawaslu Gowa Gandeng Organisasi PMII Dorong Pendidikan Demokrasi

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gowa bersama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Gowa menandatangani perjanjian kerjasama di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Rabu (29/6/2022).

Kedua belah pihak sepakat mendorong program kerjasama dalam bidang pendidikan politik, demokrasi dan kepemiluan untuk mengawal Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 mendatang.

pt-vale-indonesia

Pelaksana Harian Ketua Bawaslu Kabupaten Gowa, Suharli dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya mahasiswa lebih awal dibekali pendidikan Politik dan Demokrasi.

Karena menurutnya, mahasiswa masih memiliki idealisme yang kuat. Hal inilah yang harus dipertahankan karena jika sudah keluar, pasti sudah dihadapkan dengan berbagai kepentingan.

“Untuk itu pendidikan politik dan demokrasi seperti ini penting untuk menjadi bekal pengetahuan dimasa depan,” jelasnya.

Senada dengan itu, Koordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Gowa, Juanto menganggap Organisasi Kepemudaan seperti PMII bisa menjadi mitra yang strategis dalam mengawal Demokratisasi di Kabupaten Gowa.

“Secara kelembagaan Bawaslu Kabupaten Gowa membuka ruang kepada organisasi kepemudaan, sebagai mitra dalam mendorong program bersama, hal ini dianggap penting, mengingat fungsi Bawaslu melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran pada tahapan Pemilu, membutuhkan partisipasi masyarakat. Sehingga pemilih memiliki pengetahuan umum tentang aturan Pemilu, memahami tujuan pendidikan politik dan demokrasi,” tuturnya.

Sementara itu Ketua PMII Cabang Gowa, Urwah Rahmadi berharap dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bawaslu dan PMII, kedepan bisa melahirkan gagasan-gagasan demokrasi yang sehat di Kabupaten Gowa.

“Suatu kesyukuran bagi PMII Cabang Gowa bisa dilibatkan dalam program Bawaslu Kabupaten Gowa, kami sangat berharap kerjasama bisa dijalin dengan baik sehingga melahirkan demokrasi yang sehat di Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Turut hadir Komisioner Bawaslu Gowa, Koordiv Hukum, Humas dan Datin, Saparuddin, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Gowa, Zulkarnain, Pengurus PMII Cabang Gowa dan pengurus Kopri PMII Cabang Gowa.(*)


BACA JUGA