DJP Sulselbarta menggelar aksi bersih di Pulau Samalona, Kamis (28/07/2022)/Ist

Jaga Lingkungan Pariwisata, DJP Sulselbarta Bersihkan Sampah di Pulau Samalona

Jumat, 29 Juli 2022 | 13:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara (Sulselbartra) menghelat DJP Peduli. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Pajak tahun 2022. menyambut perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan. Dan dilangsungkan di Pulau Samalona, Kota Makassar, Kamis (28/07/2022).

Pulau Samalona yang terletak di Selat Makassar dipilih menjadi lokasi DJP Peduli dengan beberapa alasan. Salah satunya memiliki potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan menjadi alternatif destinasi wisata.

Pulau yang menjadi kebanggaan masyarakat Makassar ini perlu dijaga kebersihannya oleh berbagai pihak. Sehingga, bisa mempertahankan keindahan dan kelestarian alamnya.

Kegiatan ini diselenggarakan Kanwil DJP Sulselbartra bersama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di wilayah Kota Makassar Raya. Ialah KPP Madya Makassar, KPP Pratama Makassar Barat, KPP Pratama Makassar Selatan, dan KPP Pratama Makassar Utara dengan total relawan aksi sosial terdiri dari 81 peserta.

Rombongan relawan berangkat menuju Pulau Samalona dengan menggunakan 11 perahu mesin. Dalam kegiatan ini, para relawan melaksanakan aksi peduli lingkungan dengan melakukan kegiatan pemungutan dan pembersihan sampah plastik di area pantai dan lingkungan tempat tinggal warga setempat serta memperbaiki papan petunjuk untuk menjaga lingkungan.

Kepala Kanwil DJP Sulselbartra, Arridel Mindra turut ikut serta memimpin langsung kegiatan ini. Ia menyampaikan sambutan pada para relawan dan masyarakat setempat sebelum kegiatan Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan dimulai.

“Aksi sosial ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian pegawai DJP pada lingkungan dan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa aksi ini dilaksanakan pula untuk mendekatkan pajak pada masyarakat. Dan bahwa hal tersebut mampu mendorong pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Selanjutnya, Arridel mewakili Kanwil DJP Sulselbartra secara simbolis menyerahkan bantuan sosial. Adapun berupa peralatan kebersihan, tempat sampah, perlengkapan ibadah dan sembako kepada tokoh masyarakat setempat.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Sulselbartra, Eko Pandoyo Wisnu Bawono berharap Aksi Sosial Pajak Peduli Lingkungan memberikan beragam manfaat pada banyak pihak. “Selain dapat membantu masyarakat di Pulau Samalona dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, aksi sosial ini juga dapat menanamkan kesadaran peduli lingkungan pada pegawai DJP,” jelasnya.

Lebih lanjut Eko juga menyatakan bahwa aksi sosial ini menjadi wujud pelaksanaan program. Itu untuk meningkatkan hubungan baik DJP dengan masyarakat umum.

Demikian disampaikan, semoga memberikan kejelasan bagi masyarakat. Informasi lanjut seputar perpajakan dan berbagai program serta layanan yang disediakan Ditjen Pajak dapat dilihat pada www.pajak.go.id atau hubungi Kring Pajak di 1500200. (*)


BACA JUGA